MEMAKNAI ESENSI AL QUR’AN DAN BULAN SUCI RAMADHAN


Ustad Abdulah S Toda

Ustad Abdulah S Toda

Zonalinenews, Kupang. Kegiatan Ceramah Ramadhan hari Rabu 22 Juni 2016 Masjid Darul Jannah Sekolah Polisi Negara (SPN) Kupang dimulai pukul 20.00 WITA usai Sholat Tarwih Berjama’ah. Penceramah Ramadhan pada kesempatan ini adalah Ustad  Abdullah S Toda.

Pada kesempatan itu  Ustad Abdullah S Toda mengajak jama’ah senantiasa bersyukur kepada Allah atas nikmat kesempatan dan keimanan di bulan suci Ramadhan.

Ustad Abdullah mengatakan, al Qur’an adalah sumber dari segala sumber kehidupan dunia dan akhirat. Sehingga jika ada perdebatan di antara orang – orang Islam, maka kembalilah kepada Qur’an.

Ustad Abdullah  melanjutkan, Memaknai malam turunnya Qur’an adalah dengan membaca, mengkaji, dan mengamalkan dalam kehidupan sehari – hari. Itulah esensi dari nikmat keimanan dan kesempatan di bulan Ramadhan. Dan itulah orang – orang yang beruntung yakni orang – orang yang bertakwa.

Ustad Abdullah menjelaskan, Ada empat tipe manusia menurut Imam Ghazali, Tipe pertama adalah orang yang bahagia di dunia dan sengsara di akhirat. Tipe ke dua adalah orang yang sengsara di dunia dan bahagia di akhirat. Tipe ke tiga adalah tipe orang yang sengsara di dunia dan sengsara di akhirat. Dan tipe ke empat adalah tipe orang yang bahagia di dunia dan bahagia di akhirat.

Untuk itu  Ustad Abdullah S Toda mengajak Jama’ah agar selalu berfastabiqul Khairat untuk semaksimal mungkin mempergunakan nikmat iman dan kesempatan dengan metode membaca, mengkaji dan mengamalkan kandungan al Qur’an dalam kehidupan sehari – hari sebagai esensi memaknai Nuzulul Qur’an atau malam turunnya al Qur’an. Inilah orang – orang yang beruntung yakni orang – orang yang bertakwa. Dan itulah tipe orang yang bahagia di dunia dan bahagia di akhirat.

“Jika Ramadhan kali ini kita sudah mampu memaknai Qur’an, maka kita sudah berada pada Ramadhan berkemajuan,” tegasnya.(*mortal)