Meski Kemarau Panjang, Air Dari Bendungan Kambaniru Tetap Mengalir


Bendungan Kambaniru

Bendungan Kambaniru

Zonalinenews-Sumba Timur , Bendungan irigasi Kambaniru yang terletak di Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur  tetap saja mengalir meski di Sumba Timur saat ini  sedang menghadapi musim kemarau panjang namun para petani tetap beraktivitas

Kemarau yang melanda sebagian wilayah  Sumba Timur,  pengharapan para petani di Sumba Timur adalah bendungan irigasi Kambaniru. “Ini salah satu irigasi yang kami harapkan, sehingga petani dapat bekerja dengan baik walaupun kemarau panjang,” ungkap Soleman Ishak petani desa Lambanapu  ketika ditemui,  Kamis  23 Juni 2016.

Menurut Ishak, ada beberapa wilayah di Sumba Timur yang terkena dampak kekeringan tapi khusus di Lambanapu aliran air tetap mengalir, padahal aliran air yang mengalir ke sawah-sawah dan kebun begitu jauh. “ Yah,  kami bersyukur karna diwilayah kami masih terbantu dengan irigasi Kambaniru,” ujarnya.

Ketua kelompok tani (Poktan) Lambanapu Umbu Marsel, mengatakan, bendungan irigasi Lambanapu adalah yang terbesar di Sumba Timur, mampu mengairi area persawahan dan perkebunan yang berada di Kecamatan Kambera meski dilanda kemarau panjang namun kondisi persawahan dan perkebunan tetap seperti biasa karna tanaman padi dan sayur-sayuran tetap tumbuh subur.

“Jadi irigasi ini menjadi sumber aliran air yang mengairi area persawahan para petani di Lambanapu,” katanya (*Budin)