Warga RT 16 RW 008 Bersihkan Mata Air Oetnona


Kerja Bhakti

Kerja Bakti

Zonalinenews, Baun-  mengantisipasi kekeringan panjang, Warga RT 16 RW 008 Kelurahan Teunbaun, Kecamatan Amarasi Barat Kabupaten Kupang Propinsi  NTT melakukan pembersihan disekitar mata air oetnona. Selain, membersihkan mata air Oetnona warga juga melakukan penanaman pohon yang dianggap dapat menampung air dikemudian waktu yang akan datang. Seluruh warga dari kecil, besar dan tua muda semuaya bergandeng tangan untuk melakukan pembersihan air.

Hal ini dilakukan warga RT 16 RW 008, Minggu 3 Juli 2016 sekitar pukul 12.00 ~ 17. 00 wita.

Pembersihan air tersebut dipimpin langsung sekertaris RT 016, Beni Letelay.

Kepada zonalinenews, Letelay mengatakan bahwa saat ini hampir sebagian besar daerah di pulau timor sudah kekeringan air tapi di RT 16, mata Air Oetnona merupakan salah satu sumber air yang mesti mendapat perhatian dan perlindungan terutama warganya sendiri.

Sehingga, dirinya dan Ketua RT 016 Noh Nepabureni bersama beberapa tokoh masyarakat dan  tokoh pemuda berinisitif untuk melakukan penanman pohon dan pembersihan sekitar mata air.

Tujuan dari aktifitas tersebut dimaksudkan untuk menjaga mata air sehingga tidak mengalami kekeringan yang besar sama seeprti daerah lain.

” Kita harus bersyukur sebab mata air Oetnona tidak kering. Untuk itu harus dijaga,” tutur Letelay.

Pekerjaan ini, kata Letelay lanjut tidak memaksa masyarakat, hanya membutuhkan kesadaransendiri. Tapi ternyata masyarakat sadar, sehingga saat ini semua warga bergotongroyong melakukan pembersihan.

Dirinya juga mengatakan bahwa, air Oetnona dibendung untuk dialirkan ke rumah warga, dengan demikian warga dapat melakukan pekerjaan bercocok tanam. Namun, saat ini warga juga membutuhkan bak penampung untuk menampung air yang akan dialirkan ke rumah warga.

” kita sudah bersurat ke Sekda Kabupaten Kupang untuk meminta beberapa viber namun sampai sekarang viber tersebut belum direalisasi. Sehingga, saat ini kita menunggu sambil melakukan pembersihan,” ungkap Letelay. (*Paul)