KASAT RESKRIM POLRES KUPANG, IPTU SIMSON SED LIBRANOS AMALO, SH

Beredarnya Uang Palsu, Masyarakat Diimbau Berhati-Hati


KASAT RESKRIM POLRES KUPANG, IPTU SIMSON SED LIBRANOS AMALO, SH

KASAT RESKRIM POLRES KUPANG, IPTU SIMSON SED LIBRANOS AMALO, SH

Zonalinenews, Oelamasi – Peredaran uang palsu yang marak di Kabupaten Kupang, Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kupang, AKBP Ajie IndraóDwiatma melalui Kasatreskrim Iptu Simson Sed Libranos Amalo, SH meminta masyarakat Kabupaten Kupang untuk berhati-hati dengan pembeli yang ingin melakukan transaksi dari sore sampai malam hari. Sebab, modus yang dilakukan para pengedar uang palsu dilakukan dari kampung ke kampung dan dilakukan pada sore hari. Biasanya para pelaku membeli barang di kios dengan nominal uang Rp. 50. ribu- Rp. 100 ribu dengan uang palsu yang dibuat pelaku.

 Pelaku membeli barang barang dengan uang palsu pemilik kios mengembalikan dengan uang asli. Modus sudah dilakukan sejak Januari 2016.

Hal ini disampaikan Kasat Reskrim Polres Kupang, Iptu Simson Sed Libranos Amalo, SH di diruang kerjanya, Senin 20 Februari 2017 Wita menanggapi Oknum Pelaku pengedar uang palsu, inisial F yang tertangkap di Desa Fatuteta, Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang.

Saat ditangkap pelaku F mengatakan bahwa dirinya sudah menggandahkan uang Rp. 50 Juta dengan kertas 1 rim HVS. Saat diamankan, ditangan pelaku diamankan bersama barang bukti berupa uang sebanyak Rp. 34 juta, Printer Canon merk Pixma G2000 dan satu buah Hp.

” Korban yang sudah melapor ada 6 orang, polisi masih lakukan pengembangan karena diduga kuat masih ada Korban yang lain,” tuturAmalo.

Lanjut Amalo, Dirinya menduga saat ini, hasil penggandaan uang yang dilakukan F diduga kuat sedang beredar dimasyarakat nilainya mencapai belasan juta rupiah. Akibat dari perbuatannya, F untuk sementara, dikenakan UU no 7 tahun 2011 tentang penggandaan uang (*paul)