Dokumen Pendukung Penghambat Aset Lahan Pemkot Disertifikasi


Yanuar Dally

Yanuar Dally

ZONALINENEWS – KUPANG, Aset berupa lahan tanah milik Pemerintah Kota  (Pemkot) Kupang yang digunakan untuk pembagunan sekolah SD, SMP dan Puskesmas yang terletak dibeberapa tempat yang berbeda di Kota Kupang belum memiliki sertifikat. Pasalnya, untuk melakukan sertifikasi lahan – lahan tersebut yang telah menjadi aset pemkot Kupang masih terkendala dengan dokumen pendukung.

Hal ini diungkapkan Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tatapem) Setda Kota Kupang Yanuar Dally kepada wartawan diruang kerjanya, Rabu 15 Februari 2017 sekitar pukul 10.30 wita. Menurutnya, apa bila seluruh dokumen pendukung itu lengkap, maka untuk melakukan proses sertifikasi aset milik Pemkot Kupang berupa lahan dan bagun pada  badan pertanahan sangat mudah dilakukan. “Apa bila seluruh dokumen pendukung sudah ada maka tingkat pengurusan sertifikat di badan pertahanan sudah bisa dilakukan,” kata Yanuar.

Ia mengatakan, untuk melalukan sertifikasi lahan yang telah menjadi milik Pemkot Kupang pihaknya selalu siap. “Kita di Tatapem ini prinsipnya selalu siap saja untuk melakukan sertifikasi seluruh aset lahan yang telah menjadi milik Pemkot. Namun tentunya untuk melakukan sertifikasi seluruh aset itu harus dilengkapi dengan dokumen pendukung dari pemilik lahan yang pertama. Sehingga kita tingal dorong ke badan pertanahan untuk melakukan sertifikasi seluruh aset lahan yang telah resmi menjadi milik Pemkot,” ungkap Yanuar.

Untuk mengamankan seluruh aset lahan milik Pemkot Kupang yang belum disertifikasi, kata Yanuar pihaknya tetap menelusuri dokumen pendukung dari pemilik lahan pertama. “Lahan yang telah menjadi aset Pemkot masih banyak yang belum disertifikasi itu karena kurangnya dokumen pendukung. Tetapi untuk mengamankan seluruh aset ini kita terus menulusuru dokumen pendukungnya,” jelasnya. (*hayer)



TAG