Fary Francis Resmikan KMP. Lakaan


Peresemian KM Lakaan

Peresemian KM Lakaan

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Kapal motor penyebrangan KMP. Lakaan 750 GT dengan panjang 56,70 meter, dan 50,50 meter yang di kelola oleh PT. ASDP Indonesia Fery untuk melayani lintasan penyebrangan Kupang – Ndao di Pelabuhan Peyebrangan Bolok Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu 10 Mei 2017 sekitar pukul 10.30 wita diresmikan oleh Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fary Francis.

Hadir pada acara itu Direktorat Jendral Perhubungan Darat, Pudji Hartanto, Dirut Utama PT. ASDP Indonesia Fery Faik Fahmi, Gubernur NTT yang diwakili oleh  staf ahli Gubernur Bidang Perekonomian dan  Pembagunan Herman Nai Bulu serta hadir juga Ketua DPRD Provinsi NTT beserta Anggota, Ketua DPRD Kabupaten Kupang beserta Anggota dan tokoh masyarakat.

Ketua Komisi V DPR RI Fary Francis dalam sambutannya mengatakan, sebagai wakil rakyat dari NTT sangat berterikasih dengan Kementrian Perhubungan yang pelelangan dengan cepat sehingga kapal tersebut dapat melayani masyarakat NTT khususnya bagi masyarakat di Kecamatan Amfoang Kabupaten Kupang.

Menurutnya, kehadirian kapal tersebut juga sangat membatu tranportasi masyarakat untuk mengakut hasil pertanian, perkebunan dan peternakan yang akan di jual ke Kota Kupang dan daerah lain di NTT yang di angkut dari Pelabuhan Nikliu.

“Sebagai wakil rakyat dari NTT pelayaran perdana KMP. Lakaan merupakan sejarah bagi masyarakat karena selama ini tranportasi laut yang ada tidak terjadwal dengan baik sehingga  masyarakat Amfoang yang berada di daerah lain sangat kesulitan untuk kembali ke Amfoang dengan mengunakan kapal laut. Untuk kelancara tranportasi laut bagi masyarakat Amfoang saya akan terus memantau dan berkomunikasi sama Dirut PT. ASDP agar pelayaran ini terus dilanjutkan jangan hanya pelayaran perdana saja,” ungkap Fary.

Selama ini perjalanan melalui jalan darat ke Amfoang, kata Fary memakan waktu yang sangat lama, namun dengan adanya tranportasi laut ini haya memakan waktu 3 hingga 4 jam. “Biasanya perjalanan ke Amfoang itu mengunakan jalan darat bisa sampai 8 jam. Selain kapal ini lebih cepet, kapal ini juga muda digunakan untuk mengangkut banyak barang bawaan milik penumpang,” jelasnya.

Lanjut Fary, susuai jadwal tetap KMP Lakaan  dalam seminggu dua kali akan masuk ke Pelabuhan Nikliu yaitu pada setiap hari rabu dan jumat. “Minggu depan kapal ini sudah bisa dipastikan  akan operasi untuk melayani masyarakat Amfoang,”ujarnya. (*hayer)