Pekerjaan Jembatan Bokong 2 Ditargetkan Rampung Agustus 2017

Foto jembatan bokong 2 kabupaten kupang yang ambruk

Foto jembatan bokong 2 kabupaten kupang yang ambruk

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Pekerjaan pergantian jembatan bokong 2 di jalan trans utama Pulau Timor, Kecamatan Takari Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) yang ambruk pada Rabu 5 April 2017 lalu karena diguyur hujan lebat beberapa jam dipastikan akan rampung pada bulan Agustus 2017 mendatang.

PPK 01 Oesapa batas Kota Soe Wilhelmus Suku Djawa kepada zonalinenews.com, Selasa 2 Mei 2017, mengatakan, jembatan bokong 2 trans utama Pulau Timor yang menghubungkan Kota Kupang, Kabupaten Kupang menuju Kabupaten Timur Tengah Selatan (TTS), Timur Tengah Utara (TTU)  dan Atambua (Belu) saat ini telah dikerja oleh PT. Timor Pembangunan dengan anggaran Rp 3,9 Miliar lebih. “Jadi sebelum jembatan itu ambruk dihajar banjir paket pekerjaan jembatan pergantian jembatan bokong 2 itu sudah kita lelangkan. Sehingga ketika jembatan tersebut ambruk langsung dilakukan pekerjaan oleh pihak kontraktor pemenang tender,” katanya.

Penaganan darurat yang dilakukan oleh kontarktor demi kelancaran lalulintas, jelas Wilhelmus telah dilakukan pekerjaan pembukaan jalan alternatif.

Menurutnya, pekerjaan jalan alternatif itu sempat ambruk  beberapa kali karena dilintasi oleh kendaraan truk yang bermuatan melebihi kapasitas.

 “Jalan alternatif yang kita buat ini gorong – gorongnya sempat ambruk beberapa kali karena tidak mampu menahan kelebihan tonase muatan kendaraan yang melintasi. Jalan altenatif ini hanya mampu menampung beban tonase kendaraan yang muatannya 16 ton hingga 20 ton beban ganda saja,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sesuai kontrak pekerjaan jembatan bokong 2 dengan panjang 15 meter  dan lebar 7 meter dikerjakan selama 150 hari kalender sejak tanggal 8 Maret 2017 lalu. “Pekerjaan ini kita targetkan selesai tepat waktu karena sesuai kontrak di bulan Agustus 2017 mendatang pekerjaan ini sudah harus di Provisional Hand Over (PHO),” uajar Wilhemus. (*hayer)