Atasi Terminal Bayangan, Lurah Oesapa Minta Bangun Trotoar

Yohanes Keban

Yohanes Keban

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Untuk menghilangkan terminal bayangan di Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang yang selama ini meresahkan masyarakat Kota Kupang yang melintasi jalan Timor Raya harus diadakan pekerjaan trotoar.  Pembauatan trotoar oleh pemerintah agar seluruh bus Angkutan Dalam Provinsi (ADP) maupun taksi rental yang sering mangkal ditempat tersebut bisa pindah tempat  ke terminal – terminal yang sudah disiapkan. Hal ini disampaikan Lurah Yohanes Keban diruang kerjanya, 26 September 2017 sekitar pukul 10.30 wita.

Menurutnya, aktifitas bongkar muat penumpang sehari – hari yang dilakukan oleh (ADP) di terminal banyangan tersebut   berdampak pada kemacetan arus lalu lintas di sepanjang jalan Timor Raya Kelurahan Oesapa. “Untuk mengatasi masalah itu, kami sudah buat surat usulan ke Dinas Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Kupang agar segera dibangunkan trotoar jalur itu sepanjang kurang lebih 200 meter yang sering digunakan sebagai terminal bayangan,” kata Yohanes.

Ia mengatakan, pihaknya telah berkordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Kupang dan pihak Kepolisian dalam hal ini Lantas yang sering melakukan kegiatan penertiban Lalu Lintas di sepanjang jalan Timor Raya. “Pekerjaan trotoar di tempat ini harus dilakukan. Jangan lagi ada toleransi karena dengan berbagai cara untuk menghilangkan terminal banyangan ini kita dengan pihak Dinas Perhubungan Kota Kupang bersama Polantas tapi sama saja. Mereka ini apa bila ada petugas  mereka tidak muncul tetapi ketika petugas pulang mereka muncul lagi. Maka itu jalan satu – satu harus dibagun trotoar biar tidak ada ruang tempat untuk mereka parkir bongkaruat penumpang disini,” ungkap Yohanes.

Usulan untuk pekerjaan pembangunan trotoar diwilayah tersebut, lanjutnya telah dibicarakan dari tingkat Rt hingga ke tingkat kelurahan. “Jadi usulan pekerjaan trotoar ini kita semua sudah sepakat dan sudah diusulkan ke Dinas PUPR Kota Kupang maka itu kita tinngal menunggu perkembangan hasil usulan kita itu dari Dinas PUPR,” ujar Yohanes.

Ia menilai, pekerjaan pembagunan trotoar di lokasi terminal bayangan tersebut juga sangat penting bagi pekajan kaki. “Pekerjaan trotoar ini memliki fungsi ganda. Dimana selain untuk menghilangkan terminal bayangan dampak kecalakaan bagi pejalan kaki juga sangat kecil,”  tambah Yohanes. (*hayer)

iklan expreso