Gaun Pengantin Tenun Ikat Amarasi Jadi Ikon Baru

Model busana Kain Tenun Amarasi

Model busana Kain Tenun Amarasi

Zonalinenews-Jakarta ,-  Sejak tanggal 1 september 2017 gaun pengantin tenun ikat Amarasi ini jadi viral dan jadi fenomena baru dikalangan para wanita Amarasi Sebabnya karena gaun pengantin perempuan yang viral di media sosial seperti facebook dan instagram tersebut memiliki keunikan tersendiri dan tidak seperti biasanya yang dipakai para wanita Amarasi umumnya ketika melangsungkan acara adat seperti peminangan atau pernikahan Pakaian pengantin yang viral inipun bukan dibuat di Amarasi tetapi dibuat di Jakarta.

Dari pengamatan dan pantauan contributor zonalinenews di Jakarta , gaun pengantin tersebut seperti umumnya gaun pengantin dari bahan kain berbentuk seloyor memanjang ke arah belakang si pemakai tetapi karena bahannya dari tenun ikat Amarasi sehingga jadi fenomena baru.

 “Gaun pengantin ala Amarasi ini seperti umumnya seloyor yang dipakai pengantin wanita akan tetapi dikatakan unik karena memiliki tingkat kesulitan pada saat menjahitnya dengan mengikuti bentuk motifnya apalagi kan dari tenun ikat bukan kain biasa. belum lagi butuh ketelitian ekstra apalagi gaun pengantin dengan tenun ikat ini baru pertama dibuat sehingga memang rumit.  seperti yang diungkapkan Veby Kurnia Christi Kanaf sang pemilik gaun sekaligus pemakai gaun pengantin tersebut saat melangsung pernikahannya, jumat 1 September 2017 di Gedung Sasono Taman Mini Indonesia Indah.

Model tenun ikat Amarasi

Model tenun ikat Amarasi

Lebih lanjut Veby menuturkan, untuk mengenakan pakaian adat Amarasi saat menikah itu keinginan dari orang tua saya karena memang orang tua saya ingin resepsi di Jakarta full adat Amarasi sedangkan ide pembuatan gaun pengantin tersebut dari Tante Nani Abineno bahkan beliau yang mengarahkan si penjahit. Kalau kainnya orang tua saya pesan dari Amarasi sebanyak 3 kain ukuran besar yang biasa dipakai untuk para pria (Tai Muti) dan 2 kain tenun ukuran kecil yang biasa disebut Pou’uk (semacam selendang) yang diikat dipinggang atau dililitkan di bahu,”urai Veby putri pertama dari tiga bersaudara pasangan Oktofianus Kanaf asal desa Potibaun Kecamatan Amarasi Barat dan Dwi Woro Susilowati asal Purbalingga Jawa Timur.

 Gadis kelahiran Jakarta 1990 tersebut dipersunting pria idamannya asal Batak Sumatera Utara, Budi Setiawanta Sembiring . (*Kontributor Aner Abraham Nitti Runesi)

iklan expreso