LESTARIKAN LAUT FLOTIM CAMAT LARANTUKA BERSAMA LSM GELAR BERBAGAI LOMBA

 foto bersama

foto bersama

Zonalinenews.com-Larantuka,-  Memperingati Hari Bahari Nasional Nusantara, Kecamatan Larantuka bersama LSM menggelar berbagai Lomba. Diantaranya  Lomba Dayung Sampan  yang di laksanakan di sepanjang Pante Uste Kecamatan Larantuka  Jumad 29 september 2017.

Pada acara  memperingati  hari Bahari Nasional yang di laksanakan di sepanjang  Pante Uste melibatkan seluruh  Kelurahan yang ada di kecamatan Larantuka, salah satu lomba yang di gelar adalah Lomba Dayung Sampanyang di ikuti oleh 16 Kelurahan dari 18  Kelurahan dan 2 Desa.

Peserta Lomba tersebut setiap sampan berjumlah 2 orang,  jumlah peserta dari 16 Kelurahan adalah 32 orang.  Pada perlombaan tersebut di kategorikan  Empat Group. Group A terdiri dari Kelurahan Pantai Besar, Kelurahan Balela,Kelurahan Puken Tobi Wangi Bao.Group B terdiri dari Kelurahan Sarotari Timur, Kelurahan Ekasapta, Kelurahan Pohon Bao,  Kelurahan Saotari. Group C terdiri dari Desa Mokantarak, Kelurahan Waibalun, Kelurahan Lokea, Kelurahan Larantuka. Group D terdiri dari  Kelurahan Amagarapati, Kelurahan Lewolere, Kelurahan Pohon  Sirih, Kelurahan Sarotri Tengah.

Saat di temui Media Zonalinenews-Larantuka, Camat Larantuka Yosep Tua Dollu Mengatakan  bahwa dengan memperingati Hari Bahari Nasional 2017  tingkat Kecamatan    Larantuka diikuti dengan Lomba kebersihan Pantai, Lomba menu Ikan  dan juga di lakukan diskusi terkait mengawasi dan melindungi Ekosistem Laut  yang di dalamnya terdapat Biota Laut untuk Generasi sekarang dan Generasi  Mendatang.  “Mudah-mudahan dengan adanya memperingati Hari Bahari Nasional  di Kecamatan Larantuka bagaimana kita dapat membangunkomitmen bersama untuk menjaga dan memelihara kebersihan di sepanjang Pantai pada beberapa kelurahan yang terletak dalam kota Kabupaten Flores Timur,”  Ucapnya.

Pantauan Zonalinenews-Larantuka, Camat Larantuka Yosep Tua Dollu,SP  saat diwawancarai mengatakan semua Lurah saat ini sudah ikut terpanggil agar kegiatan perlombaan akan menjadi Rutinitas dari tahun ke tahun supaya Kota Flores Timur ini menjadi Indah.

Hal serupa juga  dikatakan oleh Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli,SH  saat di wawancarai Wartawan Zonalinenews menyatakan bahwa, Lomba yang di gelar saat ini hanya sebuah  pintu masuk, bagian dari pernak-pernik bagaimana mencintai Laut.

“Gerakan Masuk Laut, jadikan Laut dan Ekosistem Untuk masa  depan kita jangan sekali-kali menangkap ikan dengan menggunakan Bom, Jagalah terumbu karang kita.  Janganlah kita membuang sampah  ke  Laut, Jagalah keindahan Pantai  Kita, Lestarikan Biota Laut agar keindahan itu semakin nyata,”tegas Agus.

Dalam memeriahkan hari Bahari Nasional tersebut perlombaan dayung sampan dari group A yang menjdi pemenang  dari kelurahan  Puken Tobi Wangi Bao, Group B yang menjadi pemenang dari  Kelurahan  Ekasapta, group C pemenang dari kelurahan  Waibalun, Group D pemenang adalah kelurahan Amagarapati.

Kegiatan dihadiri Camat Larantuka, Pimpinan Yayasan Ileboleng, Pimpinan Yayasan pengkajian penerapan sosial Larantuka, Bapak Lurah, Ibu Lurah, dan kepala Desa Sekecamatan Larantuka, Kepala Pustu Kelurahan Lokea, peserta Lomba seluruh Kelurahan Sekecamatan Larantuka,Kamtibmas, Babinsa dan seluruh Warga Masyarakat Kecamatan Larantuka. (*Ritha/Bonny).

iklan expreso


TAG