Musim Tanam Tahun Ini Lebih Baik Dari Tahun Lalu

Kepala Dinas Pertanian provinsi NTT, Ir.Yohanes Tay Ruba,MM

Kepala Dinas Pertanian provinsi NTT, Ir.Yohanes Tay Ruba,MM

Zonalinenews,Kupang – Musim tanam tahun ini lebih baik dari tahun lalu, musim kemarau tahun ini tidak seekstrim tahun lalu namun petani tetap waspada, dan produksi pertanian tahun ini bertambah dari tahun kemarin. Hal ini dikarenakan intensitas curah hujan tahun ini lebih baik dibanding tahun lalu. Demikian yang disampaikan Kepala Dinas Pertanian provinsi NTT,  Ir.Yohanes Tay Ruba,MM kepada zonalinenews, Selasa 26 september 2017, pukul 11.30 wita, diruang kerjanya.

“Musim tahun ini lebih baik dari tahun kemarin, produksi pangan juga bertambah baik karena untuk tahun ini musim hujan jauh lebih baik, tapi petani harus tetap waspada,” kata Anis.

Lanjutnya, untuk musim tanam  tahun ini hampir semua kabupaten bisa tanam dibanding dengan tahun lalu yang ekstrim karena ketiadaan lahan untuk menampung air hujan.

“Untuk tahun ini, katanya, meskipun ada laporan dari beberapa kabupaten karna tidak bisa tanam saya pikir itu hal wajar, namun secara keseluruhan untuk musim tanam tahun ini lebih baik dari tahun kemarin,”ujarnya.

Untuk menangani hal ini Distan Provinsi NTT mengambil langkah penanganan secara komprehensif.

“komprehensif itu seperti membuat waduk, embung, dam, sumur dan sumber resapan lainnya untuk siapkan cadangan air dalam menghadapi musim tanam tahun ini, jelas Ruba, “tuturnya.

Oleh karena itu untuk menyongsong musim tanam tahun ini para petani diharapkan menyiapkan,mengolah lahan seperti biasanya untuk ditanami, dan dari Dinas Pertanian Provinsi siap menyediakan benih untuk ditanami, pungkasnya. (*Marllon)

iklan expreso