Sidak Di Puskesmas Alak, Walikota Kupang Minta Petugas Benahi Pelayanan

fota walikota kupang jefri riwu kore sidak di puskesmas alak

fota walikota kupang jefri riwu kore sidak di puskesmas alak

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Walikota Kupang Jefri Riwu Kore ketika melakukan sidak  di Puskesmas Alak Kota Kupang yang di damping beberapa anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kupang dari Komisi IV, Selasa 5 September 2017 sekitar pukul 9.30 wita. Dalam sidak itu Walikota meminta kepeda petugas Puskesmas yang bertugas agar pelayanan kepada masyarakat harus dibenahi.

Menurutnya, fungsi Puskesmas atau pusat kesehatan masyarakatadalah member pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui  upaya kesehatan masyarakat (UKP) dan upaya sebagai kesehatan perorangan (UKP) sebagai program pemerintah pada sektor kesehatan. Puskesmas juga termaksud fasilitas kesehatan tingkat pertama, artinya puskesmas merupakan fasilitas di barisan terdepan yang memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat umum.

“Saya minta pelayanan administrasi maupun kesehatan kepada masyarakat di puskesmas ini harus dibenahi lebih baik sehingga masyarakat atau pasien yang datang berobat ke sini bisa lebih cepat sembuh tidak lagi harus ke rumah sakit,” kata Jefri kepada wartawan disela – sela kegiatan sidak di Puskesmas Alak, Selasa 5 September 2017.

Dikatakan, pelayanan kesehatan kepada masyarakat harus diutamakan baru diikuti dengan admistrasi, karena puskesmas tersebut adalah bagian dari masyarakat sehingga masyarakat sudah seharusnya mendapat pelayanan yang prima dari pihak puskesmas. “Pokoknya saya tidak mau tau pelayanan kesehatan di puskesmas kepada masyarakat harus diutamakan baru diikuti dengan administrasi. Bukan administrasi duluan baru pelayanan,” ungkaf Jefri.

Ia menanbahkan, pelayanan kesehatan baik yang layak diterima oleh masyarakat dari pihak puskesmas tersebut bukan saja masalah obat bagi pasien. Tetapi cara pelayanan ramah dan semyuman dari petugas puskesmas itu mampu menyembuhkan penyakit pasien. “Jadi pelayan kewajiban petugas di puskesmas itu harus melayani masyarakat dengan hati yang tulus yaitu dengan cara melayani yang ramah dan penuh senyuman kepada pasien sehingga tadinya pasien  sakit serius namum  dengan pelayanan yang ramah dari petugas puskesmas pasien  bisa saja langsung sembuh  dengan tiba – tiba dan tidak perlu dirujuk ke rumah sakit lagi,” papar Jefri. (*hayer)