Tumbuhkan Minat Baca, Serta Hindari Hoax, Kapolres Flotim Siapkan Pojok Baca

Kapolres Flores Timur AKBP Arri Vaviriyanto, S.IK, M.Si.

Kapolres Flores Timur AKBP Arri Vaviriyanto, S.IK, M.Si.

Zonalinenews.com,Larantuka- Menumbuhkan minat baca pada kalangan masyarakat ketika berada di ruang publik  sambil mengisi waktu senggang mendapat perhatian serius dari Kapolres Flores Timur AKBP Arri Vaviriyanto, S.IK, M.Si.

Berangkat dari perhatian tersebut orang nomor satu di jajaran Polres ini memanfaatkan pojok kosong di Satlantas sebagai pojok baca dengan menghadirkan berbagai jenis buku sebagai sumber bacaan.

“Saya hadirkan buku, tumbuhkan minat baca dengan memanfaatkan ruang publik yang ada di Satlantas Polres sebagai pojok baca,” ujar Ari kepada Zonalinenews Jumad, 22 Septrmber di ruang kerja Kapolres

Menurutnya, selain meneruskan Instruksi Kapolri terkait bagaimana menaikan minat baca masyarakat, menghadirkan Pojok Baca di bagian Lalu Lintas lebih ditujukan kepada antrean warga ketika sedang menunggu proses pembuatan SIM.

“Biasanya di bagian pengurusan SIM, banyak warga antri. Biar tidak jenuh, waktunya diisi dengan membaca. Dengan baca buku, kita dapatkan banyak informasi, ada informasi pertanian, peternakan nah, ini bermanfaat serta lama-kelamaan bisa jadi budaya serta mendapat tempat tersendiri dalam lingkungan masyarakat,” Tukas Kapolres.

Menghadirkan Pojok Baca di jajaran Kepolisian selain bertujuan menaikkan minat baca, bagian terpenting lainnya membiasakan masyarakat mendapatkan informasi secara valid.

“Ini instruksi Kapolri soal naikan minat baca. Tapi tujuan lainnya, masyarakat dapatkan informasi yang benar bukan hoax. dari pada main gadget, searching gak karuan, lebih baik baca buku,”. Tegas Ari.

Lebih jauh Ari menyampaikan kepada stakeholder bagaimana menumbuhkembangkan minat baca warga dan pelajar dengan menempatkan berbagai buku bacaan   di Pojok Baca atau stand khusus pada ruang publik.

“Apalagi kita lihat instansi lain misalnya Rumah Sakit dan Bank. Mereka punya tempat luang yang bisa dipakai sebagai pojok buku. Jaga pasien  sambil baca. Nah, stakeholder bisa siapkan itu,” sebut Ari

Kapolres Ari, mengapresiasi serta berterimakasih kepada Asosiasi Penulis Guru (Agupena) Flotim terkait pemberian sejumlah buku bacaan kepada Polres Flotim.

“Kami berterimkasih kepada teman-teman Agupena sebagai penggerak literasi yang telah menyumbangkan sejumlah buku kepada Polres,” ungkap Ari.

Maksimus Masan Kian Ketua Agupena Flotim sekaligus Wakil Kepala Sekolah Bidsng Humad pada SMP. Negeri 2 Lewolema, dalam kesempatan yang sama kepada Zonalinenews mengatakan kehadiran Pojok Buku serta seruan membaca dalam jajaran Kepolisian merupakan hal yang unik, sehingga mendorong dirinya selaku ketua Agupena mau menyumbang sejumlah buku bacaan kepada pihak Polres.

“Bicara soal Polisi, dan dikaitkan dengan Literasi adalah sesuatu yang unik. Tempatnya pas-pasan namun bisa dimaksimalkan sebagai tempat bacaan. Gerakan Literasi adalah gerakan sosial, sehingga kita berikan apresiasi dan terimakasih kepada Pak Polisi,” kataMaksi.

Dengan melihat apa yang telah dibuat Polisi merupakan cambuk sekaligus motivator bagi Instansi lain menghadirkan hal yang sama.

“Hari ini Polisi yang buat. Apakah instansi lain di sini tidak bergerak ke sana? Minimal Dinas Pendidikan (PKO). Dinas Pendidikan harus siapkan ruangan seperti ini. Lalu Dinas lain sperti Capenduk, banyak antrian. Bisa mengikuti ide dari Polisi,” harap guru energik ini, sambil menyerukan, mari kita secara bersama-sama membangun kelompok bacaan publik. (*Boney/Ritha)

iklan expreso