DPD PARTAI PERINDO ROTE NDAO SERAHKAN DOKUMEN KE- KPU

Penyerahan Berkas DPD Perindo Rote Ndao

Penyerahan Berkas DPD Perindo Rote Ndao

Zonalinenews – Rote Ndao,- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Persatuan Indonesia (PERINDO) Kabupaten Rote Ndao menyerahkan dokumen setelah dibukanya Penerimaan berkas  keanggotaan  partai politik  tingkat Kabupaten  Rote Ndao dalam verifikasi Parpol calon peserta Pemilu 2019.

Penyerahan dokumen tersebut antara lain salinan bukti keanggotaan Partai Perindo di Kabupaten Rote Ndao dan Lampiran dua Model F-2 Partai Politik. Hal ini berlangsung di KPU Kabupaten Rote Ndao Senin 09 Oktber 2017.

DPD Partai Perindo tiba di KPU Kabupaten Rote Ndao  pukul 11:00 Wita yang dipimpin langsung oleh Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Rote Ndao Arkhimes Molle,SH,MA. Didampingi Ketua Dewan Pertimbangan DPD Partai Perindo Drs Marthen Luther Saek, dan Ketua DPD Pemuda Perindo Kabupaten Rote Ndao Paulus Henukh,SH.

Penerimaan berkas  keanggotaan  partai politik  tingkat Kabupaten  Rote Ndao dalam verifikasi Parpol calon peserta Pemilu 2019 dari Partai Perindo oleh Devisi Hukum KPU Kabupaten Rote Ndao.  Hofra Agustinus Anakay didampingi petugas pendaftaran Yulius Tanab.Cs.

Setelah berkas tersebut diverifikasi untuk menyesuaikan dengan dokumen Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) KPU, ditemukan hal hal yang masih membutuhkan perbaikan. untuk itu dokumen dikembalikan untuk dilakukan perbaikan sesuai petunjuk pihak KPU.

Usai verifikasi pnyesuaian, Hofra Agustinus Anakay. Bagian Devisi Hukum KPU kepada awak Media mengatakan,  Sejak kita buka penyerahan dokumen partai politik  tingkat Kabupaten Rote Ndao dari tanggal 3 s/d 16 Oktober 2017 baru  hari ini satu Partai Politik yang mendaftar dan menyerahkan berkas.F-2 Parpol dan salinan KTA dan KTP.

“ Baru partai pertama yakni Partai Perindo yang menyerahkan dokumen  keanggotaan  berupa Lampiran dua model F 2 Parpol  salinan KTA dan KTP” Ujarnya.

Menurut Hofra A Anakay, Sebaiknya Partai Politik lebih awal menyerahkan dokumen sehingga ketika ada hal yang masih membutuhkan perbaikan perbaikan maka   dapat melakukan perbaikan hingga sampai pada batas waktu yang tetapkan sesuai mekanisme.

Dikatakan pula, Partai Perindo yang merupakan Parpol pertama yang meyerahkan dokumen dan meskipiun masih ada beberapa hal yang membutuhkan perbaikan  tapi saya kira masih ada waktu yang cukup untuk dilakukan perbaikan

Hal yang masih membutuhkan perbaikan diantaranya: Pertama perbaikan pada dokumen jumlah KTA yang belum  sesuai dengan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol)  dan KTP, Kedua urutan nama kecamatan  di dokumen KTA dan KTP tidak berurutan sesuai dengan sipol dan Ketiga nama dan nomor urut anggota Partai di dokumen KTA dan KTP harus disesuaikan dengan Sipol. Ungkap Hofra Anakay.

Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Rote Ndao Arkhimes Molle,SH,MA yang ditemui  di Markas KPU Kabupaten Rote Ndao, usai penyerahan dokumen  Ia mengatakan, kalau dalam dokumen yang telah diteliti dengan cermat oleh pihak KPU kemudian masih ditemukannya beberapa hal yang perlu diperbaiki. Itu, adalah hal yang wajar.

Menurut Mantan Ketua DPC Partai Gerindra Rote Ndao ini, Partai Perindo Kabupaten Rote Ndao patut memberikan apresiasi kepada pihak KPU Kabupaten Rote Ndao yang begitu teliti dan cermat hingga menemukan beberapa hal yang secara administrasi masih membutuhkan perbaikan.

Artinya kata Mes Molle,  Pihak KPU sudah sangat membantu kami agar penataan administrasi dalam menghadapi verifikasi factual nanti akan lebih sempurna sehingga perbaikan perbaikan setelah dilakukan  menghasilkan  sebuah  hasil kerja dalam tugas dan tanggung jawab terhadap Partai yang benar – benar  memenuhi amanat Undang Undang sebagai Parpol baru

Menurutnya, dari ketiga hal yang masih membutuhkan perbaikan terutama pada masalah jumlah KTA tidak sesuai pada Sipol dan KTP  itu bukan masalah karena terjadi selisi jumlah Sembilan anggota pada jumlah daftar nama anggota Parpol dan KTA tersebut dikarenakan oleh terjadinya pendobelan nama anggota.

Sementara dua hal lainnya apabila kesembilan anggota itu sudah diperbaiki maka dengan sendirinya tidak mempengaruhi lagi nama dan nomor urut anggota Partai di dokumen KTA dan KTP sehingga akhirnya jumlah akan menjadi sama dengan Sipol

Begitu juga dengan urutan Kecamatan harus disesuaikan dengan tata urutannya.  tinggal diperbaiki sesuai Sipol yang ada pada pihak KPU. Untuk itu, saya optimis sebelum batas waktu tanggal 16 Oktober perbaikan tersebut telah tuntas untuk dikembalikan dokumen ke KPU Kabupaten Rote Ndao. Tambahnya.

Selanjutnya menjawab sejumlah pertanyaan awak Media, Dijelaskannya. Partai Perindo hari ini secara nasional di seluruh Indonesia mendaftar ke KPU dan menyerahkan dokumen karena bertepatan Hari Ulang Tahun Partai Perindo yang ke-3 dan sekaligus ditetapkan sebagai Hari Perindo.

Selain itu, hal ini menunjukan bahwa secara Nasional Partai Perindo telah siap untuk menunjukan keseriusanya dan berjuang menjawab misi partai “untuk Indonesia Sejahtera”. Karena secara serentak hari ini DPP Perindo, 34 Propinsi dan 514 Kabupaten dengan seluruh Tingkat Kecamatan menyerahkan dokumennya ke KPU.

“Komitmen Partai Perindo adalah sukses konsolidasi, sukses verifikasi dan sukses memenangkan Pemilu 2019 yang akan datang” Ujar nya sambil mengakui khusus untuk Kabupaten Rote Ndao yang terdiri dari 10 kecamatan dan 119 Desa/Kelurahan terlah terbentuk kepengurusannya.

Pantauan awak Media, DPD Partai Perindo menuju ke KPU Kabuapten Rote Ndao menggunakan kendaraan roda empat  dan roda dua dengan menyertakan perwakilan para kader Partai Perindo, Pengurus inti DPD dan DPC dari 10 Kecamatan, para bakal Calon Legislatif  serta pengurus Sayap Partai mengenakan seragam Partai.

Sedangkan untuk yang menyerahkan dokumen adalah Wakil Sekretaris DPD Partai Perindo Fransina Mba,U dan Ketua DPC  Partai Perindo Kecamatan Rote Tengah Jefta M Pelopolin mengenakan Pakain Adat kebesaran masyarakat Kabupaten Rote Ndao di dampingi Ketua DPD, Ketua Dewan Pertimbangan dan Ketua DPD Pemuda Perindo. Hadir dalam momentum tersebut Anggota Polbas dan Intel Polres Rote Ndao dan Ketua Panwaslu Kabupaten Rote Ndao Tarsis Toumelukh.(*Riyan Tulle/Tim)