Sebanyak 153 Tim Pengelola Dana PEM Ikut Kegiatan Pelatihan

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Sebanyak 153 tim pengelola dana  Dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (PEM) dari 51 Kelurahan di Kota Kupang ikut kegiatan Pendidikan Dan Pelatihan yang diadakan oleh Pemerintah kota (Pemkot) Kupang bertempat di hotel Pelanggi Kupang, Kamis 12 cOktober 2017 sekita pukul 9.30 wita. Kegitan Pendidikan Dan Pelatihan bagi tim pengelola dana PEM tingkat Kota Kupang untuk tahun 2017 tersebut direcanakan akan digelar selama dua hari Kamis 12 – Jumat 13 Oktober 2017 besok.

Kepala Bidang Ekonomi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kupang, Hengky Malelak selaku Ketua Panitia kegiatan tersebut

foto peserta kegiatan pelatihan tim pengelola dana PEM

foto peserta kegiatan pelatihan tim pengelola dana PEM

, mengatakan, program dana PEM merupakan wujud perhatian dan komitmen pemerintah Kota Kupang dalam membangun dan memberdayakan masyarakat dari keterbelakangan dan kemiskinan. Melalui program ini, masyarakat disediakan modal usaha berupa dana bergulir tanpa bunga, untuk penguatan serta pengembangan usaha ekonomi produktif masyarakat berskala kecil.

Menurut Hengky, program dana PEM dijalankan di Kota Kupang dengan menggunakan pendekatan bina manusia, bina usaha, dan bina lingkungan yang berada dibawah kendali pemerintah Kota Kupang. Dan secara teknis, program tersebut berada dalam koordinasi Bappeda Kota Kupang, yang operasionalnya diserahkan kepada Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, atau LPM di 51 Kelurahan yang ada di Kota Kupang.

Hengky juga menjelaskan, kegiatan pelatihan bagi tim pengelola dana PEM dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, kemampuan, dan keahlian peserta, yakni para pengelola dana PEM secara teknis dalam mengelola administrasi dana PEM di Kelurahan masing-masing. “Kegiatan pelatihan tersebut didasari oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri, atau Permendagri nomor 14 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Permendagri nomor 32 tahun 2011, tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial Yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, atau APBD,” katanya.

Hengky menambahkan, dalam kegiatan pelatihan tersebut, para peserta akan diberikan pengetahuan tentang kebijakan umum pemerintah kota kupang tahun 2017 – 2022. Selain itu peserta juga akan mendapatkan masukan tentang mekanisme dan prosedur pengelolaan dana PEM, manejemen usaha dan pengorganisasian, serta sistem pelaporan dana PEM dan pencatatan keuangan. (*hayer)