Sokan T

Teguhkan Semangat Pluralitas, Toleransi Menuju Kedamaian dan Kesejahteraan di NTT


Sokan T

Penulis : Sokan Teibang (Sekretaris Angkatan Muda Partai Golkar NTT)

Zonalinenews,- Pemuda adalah aset penting bangsa ini. Baik dan buruknya pemuda akan menentukan wajah bangsa ini. Sejarah telah mencatat betapa berperan besarnya pemuda dalam merebut kemerdekaan, selain ikut berperang melawan penjajah juga berkat insiatif pemudalah akhirnya perjuangan yang awalnya hanya pergolongan atau kelompok bisa bersatu menjadi kekuatan penuh, hingga akhirnya berhasil mengusir penjajah. Peran pemuda dari masa ke masa juga sangat signifikan bagi bangsa ini, dimulai dari pergerakan Budi Utomo pada 1908, Sumpah Pemuda tahun 1928, proklamasi kemerdekaan tahun 1945, pergerakan pemuda, pelajar, dan mahasiswa tahun 1966, sampai dengan pergerakan mahasiswa pada tahun 1998 yang meruntuhkan kekuasaan Orde Baru sekaligus membawa bangsa Indonesia memasuki masa reformasi.

Dengan posisi, potensi dan urgensi yang begitu signifikan, Presiden Pertama Republik Indonesia pun pernah mengatakan Beri aku sepuluh pemuda akan aku goncangkan dunia, dari perkataan Soekarno itu Anda sudah bisa mengetahui bahwa peran pemuda Indonesia begitu penting dalam membangun bangsa. Sumpah pemuda yang setiap tanggal 28 Oktober kita peringati adalah sebuah sejarah besar bagi Bangsa Indonesia. Sebuah bukti sejarah akan kuatnya rasa persatuan, rasa senasib dan sepenanggungan bahkan sebuah bukti kongkret betapa startegisnya peran pemuda dalam kemajuan suatu Bangsa dan Negara.

Oleh karena itu penting bagi kita, untuk terus menjunjung tinggi ikrar yang telah di ucapkan pada tanggal 28 Oktober 1928 dulu, yaitu suatu ikrar yang mengakui bahwa kita semua adalah satu, sebagaimana tercantum dalam isi sumpah pemuda. Soempah Pemoeda Kami Poetra dan Poetri Indonesia mengakoe bertoempah darah jang satoe, Tanah Indonesia Kami Poetra dan Poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, Bangsa Indonesia Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, Bahasa Indonesia. Jika kita lihat dari tiga butir teks Sumpah Pemuda tersebut di atas, maka tersirat makna yang mendalam yang seyogyanya diketahui oleh pemuda Indonesia, yaitu: Butir pertama dapat pahami kalimat tersebut mengandung makna bahwa setiap pemuda Indonesia berjuang sampai darah penghabisan untuk menjunjung tinggi tanah air Indonesia.

Butir kedua mengandung makna bahwa para pemuda Indonesia mengikrarkan diri mereka dan tumpah darah Indonesia, untuk menjunjung tinggi bangsa Indonesia berjuang untuk membela bangsa Indonesia. Butir yang ketiga memiliki makna bahwa Indonesia memiliki keragaman bahasa dari berbagai suku dan budaya, untuk itu agar meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan NKRI. Para pemuda Indonesia sepakat untuk menggunakan bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia. Mereduksi Nilai adalah upaya untuk terus Menghayati dan mengilhami tiga butir teks sumpah pemuda dan makna yang terkandung di dalamnya, seyogyanya Pemuda-Pemudi Indonesia, terutama bagi kita pemuda-pemudi NTT agar sekiranya mampu untuk mendedikasikan jati diri kita untuk kepentingan bangsa dan Negara, terkhusus lagi untuk kemajuan NTT.

Selalu berpartisipasi aktif maupun pasif dalam pembangunan daerah NTT, dengan semangat Sumpah Pemuda, sumpah para pemuda-pemudi Indonesia yang menyatukan perbedaan, maka setidaknya ada beberapa hal yang dapat dilakukan, yaitu: Sebagai pemuda-pemudi Indonesia, Kita harus bersungguh-sungguh dalam belajar, mengasah dan mengembangkan keterampilan, sehingga kedepannya kita, generasi muda NTT mampu bersaing secara sumber daya manusia dengan daerah-daerah lain atau bahkan dengan negara-negara lain. Pemuda NTT harus memjadi promotor dalam menggelorakan pentingnya semangat pluralisme dan meramu perbedaan menjadi sumber kekuatan.

Sebagai Pemuda-pemudi Indonesia, Kita harus terus saling menghormati antar suku bangsa, abaikan isu-isu hoax yang berbau sara, ras dan golongan, sehingga tidak mudah untuk dipecah-belah oleh pihak-pihak yang tidak suka dengan persatuan, kebersamaan dan persaudaraan kita. Sebagai pemuda-pemudi Indonesia, kita wajib hukumnya untuk selalu menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan di atas segala-galanya. Para generasi muda NTT tidak boleh saling mendekhotomikan apalagi memarginalkan antara sesama, antara suku satu dengan suku yang lainnya.

Indonesia akan lebih besar jika tetap dan terus bersatu. Beranjak dari hal tersebut pula, AMPG NTT menyerukan agar Semangat perbedaan haruslah selalu berada dalam Bingkai NKRI dan Toleransi guna menuju Nusa Tenggara Timur Damai dan Sejahtera. AMPG NTT akan menjadi pionir bagi pemuda-pemudi NTT untuk terus ikut membangun Flobamotara yang kita sayangi ini, dengan memposisikan diri sebagai Agent of Change, dimana pemuda NTT menjadi center dari kemajuan daerah, bangsa dan negara, mempunyai kewajiban untuk mengadakan pembaharuan dalam masyarakat ke arah yang lebih baik.

Pemuda NTT akan terus menjadi penggerak yang memberikan motivasi dan mendorong masyarakat lainnya untuk tetap maju bersama, meskipun banyak tantangan yang nantinya akan mereka dapatkan. Sebagai Agent of Development, pemuda NTT berkewajiban untuk melancarkan pembangunan di segala bidang. Baik yang bersifat fisik maupun non-fisik. Mengembangkan segala sesuatu yang ada di Flobamorata, mencari potensi yang dapat diperkenalkan baik di tingkal lokal, regional maupun internasional. Sebagai Agent of Modernization, pemuda NTT merupakan pelopor pembaharuan, mengubah yang perlu diubah dan mempertahankan apa-apa yang harus dipertahankan guna kepentingan dan kebaikan NTT.

Sadar atau tidak sadar, sosok figure pemuda yang handal dan potensial adalah diawali dari sosok pemuda yang berpendidikan, oleh karena itulah implikasinya adalah bahwa pemuda NTT wajib ikut membangun, mengembangkan dan memajukan pendidikan di NTT karena pendidikan merupakan sebuah pondasi yang harus ditanamkan pada seluruh generasi bangsa Indonesia. Dengan pendidikan kita mampu mewujudkan cita-cita dan angan-angan dari pendiri bangsa Indonesia terdahulu.

Oleh karena itu dalam rangka menyambut HUT Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017, AMPG NTT mengajak kepada para pemuda dan pemudi NTT, kepada kita semua, untuk berjuang mengkokohkan NKRI, mengkuatkan toleransi dengan memperbanyak karya KEKARYAAN dan inspirasi sebanyak-banyaknya untuk Generasi sekarang dan yang akan datang demi kesejahteraan dan kemakmuran Indonesia pada umumnya dan NTT pada khususnya. Di tangan Pemudalah kita berkeyakinan bahwa Negeri ini terus diarahkan menjadi lebih baik. Momentum Sumpah Pemuda telah memotivasi Pemuda pemuda Partai Golkar untuk Senantiasa bergerak dalam setiap karya kekaryaan untuk kemajuan Angkatan Muda Partai Golkar dan Kejayaan Partai Golkar seutuhnya. AMPG NTT siap menjadi penggerak Semangat Pluralitas dalam memupuk kebersamaan untuk NTT yang damai dan sejahtera.. YAKUSA…!!(*)



TAG