105 Orang PPK Dilantik Ketua KPUD Ende

Ketua KPUD Kabupaten Ende Florentinus Budi Wadhi, S.H melantik anggota PPK

Ketua KPUD Kabupaten Ende Florentinus Budi Wadhi, S.H melantik anggota PPK

Zonalinenews-Ende,- Sebanyak 105 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dilantik pada, Kamis 9 November 2017 di Aula Citra Rasa Ende. Pelantikan langsung di pimpin oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ende Florentinus Hani Wadhi, S.H.

Ketua KPUD Kabupaten Ende Florentinus Hani Wadhi dalam sambutannya mengatakan, pilkada merupakan sebuah perwujutan demokrasi yang nyata. Menurutnta, pilkada adalah serana untuk memilih pemimpin dan serana untuk melegitimasi pemimpin sehingga pilkada dapat disebut sebagai pesta demokrasi.

Florentinus menambahkan, Indonesia sebagai sebuah negara demokrasi harus mampu melaksanakan pesta demokrasi dengan baik. PPK yang mempunyai otoritas sebagai penyelenggara pesta demokrasi sebut Florentinus, harus mampu menyelenggarakan pemilu yang bersih.

” Sesuai dengan asasnya langsung, umum, bebas, rahasia, dan adil,” ujar Florentinus.

Florentinus menambahkan, baru saja KPUD Kabupaten Ende melantik sebanyak 105 orang PPK. Pelantikan tersebut dilakukan untuk mendukung penuh pelaksanakan pesta demokrasi. Menurutnya, mulai dari perencanaan, proses pelaksanaan harus dilakukan sesuai dengan asasnya sehingga memperoleh hasil yang baik.

” Jaga amanh dan kepercayaan dari masyarakat. Jangan sampai ada penyelenggara yang bermain mata dengan peserta pemilu,” tegasnya.

Dia menambahkan, kedepan tantangan yang dihadapi penyelenggara begitu besar. Namun tantangan tersebut lanjut Florentinus, harus dapat dihadapi oleh penyelenggara pemilu sehingga pilkada dapat berjalan dengan baik.

” Kalau penyelenggara tidak bisa menghadapi tantangn yang dihadapi, lebih baik mundur memang mulai dari sekarang,” harapnya.

Polres Ende Siap Amankan Pilkada

Kapolres Ende AKBP Ardian Mustaqim saat memberikan materi usai pelantikan mengatakan, anggota PPK harus menghindari praktik kecurangan dalam penyelenggaraan pilkada. Menurutnya, PPK harus hindari penyimpangan, jauhi larangan, dan jauhi hubungan dengan salah satu pasangan calon.

” Anggap saja setelah dilantik pada hari ini tidak ada saudara. Itu lebih baik,” tegasnya.

Dia mengatakan, polres Ende siap membantu mengamankan pilkada di Kabupaten Ende. Untuk menambahkan kekuatan dalam pengamanan tambah Ardian, polres Ende nantinya akan dibantu dari Polda NTT.

” Anggota saya sudah siap. Mari kita bekerja sama-sama. Kalau mau diskusi ngobrol saja dengan polisi,” ujarnya. (*Tommy)


TAG