Atasi Bencana, Pemda Ende Miliki Pos Siaga SAR

Abdul Aziz

Abdul Aziz

Zonalinenews-Ende,- Untuk mengatasi bencana, sejak tanggal 4 Oktober 2017 Pemerintah Daerah Kabupaten Ende telah memiliki Pos Siaga SAR. Kantor Pos Siaga SAR saat ini berada di dekat Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Ende. Hal ini disampaikan Koordinator Pos Siaga SAR Ende Abdul Aziz kepada zonalinenews, Rabu 15 November 2017.

Aziz mengatakan, saat ini Pos Siaga SAR Ende belum memiliki kantor tetap. Meskipun belum memiliki kantor tetap, Pos Siaga SAR menggunakan salah satu gedung perikanan Kabupaten Ende untuk dijadikan kantor sementara.

Pos Siaga SAR lanjut Aziz, baru memiliki empat orang personil yang bertugas membantu menangani musibah. Selain itu Pos Siaga SAR Ende memiliki peralatan seadanya seperti satu kendaraan roda empat, satu buah kendaraan roda dua, dan satu buahbperahu karet.

” Personil masih terbatas dan peralatan masih seadanya,” jelas Aziz.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Ende H. Muslim Rauf yang ditemui diruang kerjanya membenarkan bahwa Pos Siaga SAR memakai salah satu gedung Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Ende.

” Pada saat Badan SAR Nasional memerintah Badan SAR Provinsi, mereka belum punya kantor. Pada saat itu  Pak Wakil Bupati telpon saya supaya bisa pinjamkan salah satu gedung Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Ende kepada tim SAR,” jelasnya.

Muslim menjelaskan, pada tahun 2018 Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Ende akan mengalokasikan anggaran yang digunakan untuk pengadaan tanah Pos Siaga SAR.

Namun tambah Muslim, sampai saat ini dirinya belum menerima surat balasan dari Badan SAR Provinsi terkait dengan kriteria tempat yang layak untuk dijadikan kantor Pos Siaga SAR.

” Ini menjadi tugas saya karena ditugaskan jepada saya. Sebenarnya memang agak salah, tapi itu masuk dalam tugas lainnya yang diperintahkan oleh pimpinan,” jelasnya.

Muslim menambahkan, lahan yang dibutuhkan untuk digunakan sebagai kantor dan tempat latihan tim Pos Siaga SAR sangat besar. Menurutnya, lahan yang dibutuhkan seluas tiga sampai lima hektar.(*Tommy)


TAG