ODJAN DETUN DESA CONTOH PENCENANGAN KAMPUNG KB

Pencanangan Kampung KB

Pencanangan Kampung KB

Zonalinenews.com-Larantuka, Desa Odjan Detun Kecamatan wulangitang Kabupaten Flores Timur sebagai contoh pencanangan kampung keluarga berencana yang pertama kali dilaksanakan pada daratan Larantuka Kabupaten Flores Timur.

Kabid Pengendalian  Penduduk pada Dinas BKKBN  Kabupaten Flores Timur, Julian Mitak  Jumat 23 November 2017  kepada zonalinenews menjelaskan sesuai amanat undang-undang No 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan   Keluarga, Penduduk harus menjadi  titik  central dalam pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Hal ini berdasar pada Undang-  Undang No. 23  Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, pengendalian KB merupakan salah satu pelayanan yang wajib di laksanakan oleh Pemerintah Daerah.

Menurutnya,  kegiatan ini hal  ini baru pertama kali dilaksanakan pada Daratan Flores Timur

Lanjutnya , ada beberapa prioritas dalam meningkatkan kualitas hidup Manusia Indonesia diantaranya  pembangunan pendidikan khususnya pelaksanaan Program  Indonesia Pintar, pembangunan Kesehatan program Indonesia sehat, peningkatan kesejahteraan Rakyat Marginal,melalui pelaksanaan  program Indonesia kerja.

“ Dengan berlandaskan peraturan Presiden  No 2 Tahun 2015 tujuan dari pada RPJMN 2015-2019 adalah menurunnya Rata-rata laju pertumbuhan penduduk  tingkat propinsi, meningkatnya pemakaian  Alat kontrasepsi semua metode, menurunnya angka kelahiran pada Remaja Usia 15 tahun-19 tahun,menurunnya persentase kehamilan yang tidak diinginkan,”tuturnya.

Julian Mitak mengatakan kegiatan pencanangan kampung KB di desa Ojandetun, baru pertama kali di laksanakandi daratan Larantuka dan ini patut di Apresiasi kepada Masyarakat Desa Ojan Detun, karena di lihat dari program  keluarga  yang di bangun dan di bentuk sesuai dengan program yang dicanangkan dari dinas BKKBN yang di mana jarak anak sangat di atur, tak kala juga dengan penataan desa yang dibangun sesuai  dengan infrastruktur yang Ideal.   “Dan Desa Ojan Detun dijadikan sebagai desa contoh pencanangan Kampung KB,”Ucap Julian.

Lanjutnya, masyarakat dan keluarga desa Ojan Detun mata pencharian petani dan nelayan dapat merasakan adanya perubahan dalam pembangunan kependudukan KB dan pembangunan Keluarga.

 Tujuan secara keseluruhan dari rangkaian kegiatan pencanangan  Desa KB Ojan Detun  Kata Julian Mitak   meningkatkan kualitas Hidup Masyarakat di tingkat Kampung Pesisir Pantaiyang setara melalui program kependudukan  KB serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan  keluarga kecil yang berkualitas.

Kegiatan Pencanangan  Kampung KB Desa Ojan Detun Kecamatan Wulanggitang  dibuka secara resmi oleh  Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payog Boli,SH. Dalam sambutannya  mengatakan  desa Ojen Detun Kampung pencanangan KB sebagai kampung Contoh bagi daerah  ataupun Kampung lainnya.

Agus  menegaskan  ada  orang asli kita (lamaholot)  sudah teridentifikasi positif HIV  sesuai Data KPA, sehingga pada Rakor beberapa Waktu lalu sudah di sepakati bersama Pemda Flores Timur Untuk dilakukan Razia Yustizia, karena ibarat teori gunung es, pencegahan dari  sekarang untuk “Selamatkan Orang Muda Flores Timur” Tegas Agus”.  Marilah kita saling menjaga agar kedepan FloresTimur tetap terlindungi dari segala pengaruh Buruk kedepan,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati FloresTimur Agus Payong Boli,SH memberikan motivasi sekaligus rangsangan melalui tabungan koperasi yang diserahkan langsung kepada  Tiga orang anak yang dianggap  kurang mampu antara lain, Antonius Gugu Rotan, Patricia W. Tapo, Agustinus Tale Rotan.

Agus boli juga memberikan  25 kaleng susu tambahan Gizi kepada para penari saat penjemputan kegiatan tersebut.

Pantauan Zonalinenews,Larantuka-  pemresmian Pencanangan Kampung KB Desa Ojan Detun Kecamatan Wulanggitang Kabupaten Flores Timur dihadiri oleh Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli,SH- Camat sedaratan Larantuka, Kepala Desa  Kecamatan Wulanggitang, Para OPD yang berkesempatan Hadir,  Forkompinda Flores Timur, Danramil Kecamatan Wulanggitang, Kapolsek  Kecamatan Wulanggitang, para Guru desa Ojan Detun, Para penyuluh BKKBN Kabupaten FloresTimur.(*Ritha/Bonny)