Proficiat Dengan Kinerja

ichwanOleh ; Ihwan,M.Si (Penulis adalah Dosen Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Kupang/ Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah NTT)

Zonalinenews, Kupang. Universitas Muhammadiyah Kupang hari ini memasuki babak baru dengan dilantiknya Dr. Zainur Wula, M.Si sebagai rektor masa bakti 2017 – 2021. Kebahagiaan dan harapan beriring bersama dalam prosesi pelantikan yang akan dilakukan langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah,  Dr. Haedar Nashir, M.Si.

Peristiwa hari ini adalah jawaban dari proses strategi, opini dan isu yang telah dibangun pada masa pemilihan. Terjadinya perbedaan pandangan dalam proses pemilihan merupakan hal yang wajar dalam dinamika kehidupan. Saat ini proses tersebut telah berlalu seiring dengan terpilih dan dilantiknya pemimpin baru, rektor bersama, rektornya seluruh civitas akademika Universitas Muhammadiyah Kupang.

Peristiwa bersejarah ini tentu tidak ingin terlewatkan begitu saja. Harus menjadi kenangan yang indah. Untuk pertama kalinya dalam kurun waktu delapan tahun terakhir prosesi pelantikan  dikemas dalam bentuk sidang senat terbuka. Kampus dipenuhi dengan umbul – umbul, spanduk, dan rangkaian bunga ucapan selamat.

Acara ini sangat istimewa karena dihadiri pula oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah. Prosesi pelantikan yang bersahaja dan bermartabat ini haruslah menjadi penyemangat bagi kita semua untuk menjadi pribadi yang bersahaja dan bermartabat. Janganlah kemeriahan hanya dalam sehari, ingatlah tugas berat kita sebagai bagian dari civitas akademika Universitas Muhammadiyah Kupang telah menanti.

Sebagai pribadi, saya memiliki harapan yang sangat tinggi dalam masa kepemimpinan periode ini;

  1. Allah SWT telah menghadirkan pemimpin baru yang muda dan penuh semangat, maka hendak pula semangat tersebut menjadi virus positif sehingga kita juga turut menjadi pribadi yang semangat. Kita harus bekerja maksimal, sesuai dengan tuntutan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Al Islam Kemuhammadiyahan. Karena tugas utama dosen yang berkhidmat di Amal Usaha Muhammadiyah adalah menjalankan Catur Dharma tersebut secara komprehensif, simultan, kontinu, dan sustainable. 4 pilar utama ini merupakan komponen dasar untuk menjaga marwah kampus agar kampus tercinta menjadi maju dan semakin berkualitas serta mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya yang ada di NTT.
  1. Mari kita bekerja bersama – sama mendukung rektor yang baru dengan bekerja yang amanah. Dosen kembali mengajar 12 – 16 kali pertemuan,  melakukan peneliti dengan produk penelitian asli minimal 1 karya penelitian. Dosen kembali mengabdi kepada masyarakat sebagai aplikasi keilmuannya sehingga masyarakat merasa terbantukan dengan keberadaan Universitas Muhammadiyah Kupang. Dosen menjalankan syariat Islam sesuai dengan paham kemuhammadiyahan, sehingga dosen tidak terjebak dalam rutinitas (mengajar lalu istrahat dibalik kursi empuk struktural yang melenakan). Staf administrasi sebagai pendukung utama stabilitas kampus juga kembali menjalankan tugasnya dengan baik dan benar. Bekerja sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Datang dan bekerja sesuai dengan jam kerja, menjalankan pekerjaan sesuai dengan standar operasional, melayani dosen dan mahasiswa dengan sepenuh hati dan keikhlasan (Sadar, Terapkan dan Hidupkan Budaya Mutu, sesuai arahan Dokumen SPMI)
  2. Jangan kita terjebak dalam euforia kemenangan. Jangan menciderai struktur dan mekanisme operasional kerja untuk kepentingan pribadi sehingga turut menyumbang generasi yang tidak berkualitas. Jangan kita mengulangi lagi segala bentuk kesalahan pada periode sebelumnya. Jangan kita terjebak pada kepentingan materi sesaat. Sehingga kita menjadi stagnan, diam ditempat, bekerja tanpa visi dan misi yang jelas. Terlalu lama duduk di kursi empuk juga akan membuat badan kita sakit, maka kita harus tetap bergerak dan bergerak untuk maju bersama. Kita tunjukkan proficiat kita dengan kerja nyata dan kerjasama sesuai dengan standar operasional, jangan memberi proficiat hanya dengan sorak sorai, yel-yel dan aplous yang melenakan. Harapannya adalah UMK bisa mempertahan akreditasi PT atau meningkatkan nilai akreditasi Prodi, jumlah dosen yang tersertifikasi terus bertambah, kegiatan penelitian yang didanai oleh negara juga semakin bertambah, sehingga kebutuhan ekonomi seluruh staf civitas akademi UMK menjadi semakin sejahtera.

Saya secara pribadi menyampaikan selamat dan sukses atas pelantikan Dr. Zainur Wula, M.Si sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Kupang periode 2017-2021. Semoga menjadi pemimpin yang amanah dan menginsiprasi semua civitas akademika Unmuh Kupang menjadi pribadi yang positif dan berkemajuan.roficiat dengan Kinerja.(*)


TAG