PT Alfira Perdana Jaya : Jadi TKI Harus Dari Niat Pribadi

PT Alfira Perdana istert Febi

PT Alfira Perdana istert Febi

Zonalinenews-Kupang,- Sebagai perusahaan yang bergerak sebagai agen tenaga kerja, PT Alfira Perdana Jaya menetapkan syarat ketat bagi mereka yang hendak bekerja di luar negeri. Pengguna jasa PT Alfira Perdana Jaya haruslah mereka yang telah berusia genap 18 tahun.

“Kami tolak meski usianya kurang 1 hari,” tegas Staf Operasional PT. Alfira Perdana Jaya, Feby Mira, ketika ditemui zona line news, Kamis 02 november 2017  di kantor pusat PPTKIS PT. Alfira Perdana Jaya yang beralamat di Jln Perintis Kemerdekaan I No.9 Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang.

Sebagai perusahaan agen tenaga kerja yang hadir sejak 2010 di kota Kupang, PT Alfira Perdana Jaya menyediakan jasanya bagi mereka yang hendak bekerja di Malaysia dan Singapura. Pembekalan keterampilan seperti keterampilan berbahasa asing dan keahlian lainnya diberikan minimal selama sebulan sebelum siap diberangkatkan setelah kelengkapan administrasi terpenuhi.

Feby menjelaskan, pihaknya juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, misal PT Gasindo Buala Sari untuk membekali para CTKI (Calon Tenaga Kerja Indonesia) dengan berbagai keterampilan. Terdapat dua kategori jalur formal dan informal untuk batasan usia dan jenis pekerjaan yang akan diinginkan. Jalur formal dibatasi bagi mereka yang berusia 18-23 tahun dengan posisi kerja outdoor, misal, Cleaning Service dan pekerja Perkebunan. Sementara jalur informal dimaksudkan bagi mereka yang akan bekerja indoor, sebagai asisten rumah tangga dengan batas usia 23-35 tahun.

Harapan diutarakan Feby kepada pemerintah agar tidak mempersulit pihaknya dan CTKI dengan berbagai mekanisme yang berbelit-belit sehingga terkesan kurang efektif. Dan kepada siapapun yang ingin bekerja ke luar negeri, keinginan tersebut harus tumbuh dari niat pribadi, bukan karena tekanan ataupun paksaan dari pihak lain. (*adi)


TAG