Revitalisasi Kampung Adat, Elemen Adat Detukeli-Ende Gandeng Kemendikbud


Rapat adatZonalinenews, Ende – Lembaga Pemangku Adat bersama Masyarakat dan sejumlah elemen lokal Kampung Adat Detukeli Lio Utara, Kabupaten Ende, Flores melalui forum diskusi adat setempat, tanggal 11 November 2017 membahas perjuangan revitalisasi Kampung Adat dengan upaya menggandeng multi stake holders dalam gerakan komunikasi pembangunan lintas sektor hingga pengajuan rencana kegiatan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tingkat pusat, dalam upaya revitalisasi adat yang mengacu pada nilai-nilai kebudayaan dan watak kearifan lokal untuk kehidupan dan kebaikan bersama.

Berdasarkan data yang dihimpun zonalinenews tanggal 11 November 2017 di Kampung Adat Detukeli, sesi diskusi yang melibatkan lintas elemen Adat Detukeli ini dipandu langsung oleh pihak Pemangku Adat setempat dan menghasilkan sejumlah kesepahaman perjuangan, diantaranya visi revitalisasi Kampung Adat dan Sanggar Budaya Detukeli yang diajukan langsung kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta.

Partisipasi pendapat dalam sesi diskusi ini juga dihadiri langsung oleh Camat Detukeli, Pastor Paroki Roh Kudus Detukeli Charles Beraf, SVD, ratusan warga adat Detukeli, unsur Kepala Desa Detukeli dan ratusan warga masyarakat setempat.

Turut hadir pada kesempatan ini mantan Birokrat Kabupaten Ende, David Dala selaku salah satu Putera Asli dari Detukeli dan juga sejumlah barisan generasi muda asal Kecamatan Detukeli, diantaranya Aurelius Do’o, jurnalis yang berkarya pada salah satu stasiun televisi nasional.

Gelar ceremony adat yang juga dihiasi perbincangan positif ini mendapat dukungan kesepahaman bersama dan disepakati sebagai bagian dari upaya perjuangan masyarakat lokal dalam bidang adat budaya, atau seiring semangat dan harapan negara membangun kekuatan dari desa melalui sejumlah sentuhan kreatif pembangunan masyarakat di daerah. (*wrn)