Tingkatkan Budaya Baca, FIRD dan CIS Pertemukan 25 Pengelola Taman Baca Di Ende

Direktur FIRD Finsen Sangu

Direktur FIRD Finsen Sangu

Zonalinenews-Ende,- Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Ende bekerja sama dengan Flores Institute and Research Development (FIRD) dan Circle Imagine Society melaksanakan kegiatan untuk mempertemukan 25 kelompok taman baca yang ada di Kabupaten Ende.

Kegiatan dilaksanakan di Perpustakaan  Daerah Kabupaten Ende pada, Rabu 15 november 2017. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tema ” Meningkatkan budaya gemar membaca dan kualitas layanan perpustakaan guna meningkatkan kecerdasan masyarakat”.

Direktur FIRD Vinsen Sangu kepada zonalinenews mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk mempertemukan para pengelola perpustakaan baik di tingkat kabupaten, tingkat desa, tingkat kelurahan maupun 25 kelompok baca yang ada di Kabupaten Ende.

Menurutnya, kegiatan tersebut bertujuan untuk menfasilitasi bagi 25 kelompok masyarakat untuk mengisahkan tantangan atau masalah yang dihadapi.

” Berbagi sebagai teman, sebagai sahabat untuk memperkuat perpustakaan mereka masing-masing,” ungkapnya.

Selain untuk mempertemukan ke 25 kelompok pengelola perpustakaan lanjut Finsen, kegiatan tersebut dilakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri kepada para pengelola perpustakaan.

Hal itu dilakukan supaya para pengelola perpustakaan tidak melihat kegiatan literasi tidak hanya sebagai suatu kegiatan yang mati, tapi kegiatan yang hidup.

” Jadi bagaimana menjadikan perpustakaan sebagai ruang informasi yang terbuka bagi semua orang, dan juga sebagai ruang untuk pengembangan termasuk pengembangan ekonomi,” jelasnya.

Lurah Bokasape Ichsan DJ. Hatta mengatakan, dirinya merasa terbantu dan termotifasi sekali untuk meningkatkan perpustakaan kelurahan. Karena dengan perpustakaan sebagian orang dapat mengenal satu sama lain.

” Dengan adanya perpustakaan yang dulunya orang tidak saling kenal, sekarang orang sudah mulai mengenal satu sama lain,” jelasnya.(*tommy)


TAG