Tolak Seminisasi, Pelaku Wisata Kelimutu Datangi Balai TNK

Para pelaku pariwisata yang ada di Danau Kelimutu saat haring di Balai TNK

Para pelaku pariwisata yang ada di Danau Kelimutu saat haring di Balai TNK

Zonalinenews-Ende,-  Orang yang mengaku sebagai pelaku pariwisata di sekitar kawasan Danau Kelimutu mendatangi Kantor Balai Taman Nasional Kelimutu (TNK) pada, Senin 13 November 2017.

Kedatangan para pelaku wisata di kantor yang berada di Jalan Eltari itu sebagai bentuk protes mereka terhadap pihak TNK yang melakukan pembangunan seminisasi di kawasan Danau Kelimutu.

Koordinator pelaku wisata Handianus Bata Samsaman saat melakukan haring dengan pihak Balai TNK mengatakan, kehadiran pelaku pariwisata di Balai TNK ingin meminta penjelasan mengenai pembangunan yang sifatnya seminisasi di Kawasan Danau Kelimutu.

” Kami tidak suka yang di area kelimutu ada pembangunan seminisasi. Kami minta penjelasan kenapa harus seminisasi. Kami mau yang alami saja,” jelasnya.

Dia menambahkan, saat ini orang berlomba-lomba untuk menanam pohon. Namun pihak TNK lanjutnya, berloma-lomba melakukan seminisasi didaerah Kawasan Danau Kelimutu.

” Jadi semua pembangunan yang sifatnya seminasisasi segera dihentikan. Kami mau semua proyek yang sifatnya seminisasi segera dihentikan,” jelasnya.

Dengan melakukan pembangunan seminisasi secara tidak sengaja tegas Handianus, Balai TNK sendiri yang membuat Destinasi Danau Kelimutu tidak didatangi oleh para wisatawan.

” Kamu yang merusak alam di kelimutu. Jadi semua proyek segera di bongkar. Saya rasa merusak sekali Danau Kelimutu,” ujarnya.

Kepala Seksi Satu Moni Bale TNK Benediktus Rio Wibianto mengatakan, saat ini Kepala Balai TNK tidak berada ditempat. Karena tidak berada di tempat Rio melanjutkan, dirinya tidak dapat menjelaskan yang lebih detail mengenai seminisasi di Kawasan Danau Kelimutu.

” Nanti Kepala Balai yang menjawab saja, saya tidak bisa menjawab lebih. Saya mohon maaf. Saya tidak bisa memuaskan dengan jawaban ini. Nanti saya akan sampaikan ke Kepala Balai,” ungkapnya.(*Tommy)