Waspada…11 Dari 13 Jenis Bencana Nasional Ada di Ende

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ende Albert YaniZonalinenews-Ende,- Sebanyak 11 dari 13 jenis bencana yang ada di Indonesia ternyata ada juga di Kabupaten Ende. Kabupaten Ende yang dikelilingi oleh gunung berapi juga disebut sebagai supermarketnya bencana.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ende Albert Yani kepada zonalinenews  di ruang kerjanya, Kamis 16 November 2017.

Albert mengatakan, saat ini indeks bencana yang dikeluarkan oleh BNPB untuk Kabupaten Ende masuk pada angka 186. Menurutnya, angka indeks sebesar itu memiliki arti bahwa Kabupaten Ende memiliki resiko yang sangat tinggi terhadap ancaman bencana.

” Dari 13 jenis bencana yang ada di Indonesia, 11 jenis bencana ada di Ende ini, sehingga Ende disebut sebagai supermarketnya bencana,” jelasnya.

Dua bencana yang tidak ada di Kabupaten Ende jelas Albert, yaitu bencana akibat percobaan teknologi atau gagal teknologi.

” Kita disini yang tidak ada itu seperti percobaan teknologi. Atau bencana yang disebabkanb oleh bencana teknologi,” jelasnya.

Selain itu, bencana yang tidak ada di Kabupaten Ende tambah Albert, adalah jenia bencana yang disebabkan oleh aksi terorisme.

” Yang kedua itu bencana yang disebabkan oleh terorisme. Dua itu yang tidak ada di kita,” jelasnya.

Saat ini jelas Albert, pemerintah daerah Kabupaten Ende telah telah memiliki Pos Siaga SAR. Kedepannya tambah Albert, BPBD akan bekerja sama dengan Pos Siaga SAR untuk membantu menanggulangi korban bencana di Kabupaten Ende.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah Kabupaten Ende telah memiliki Pos Siaga SAR. Saat ini Pos Siaga SAR Ende memiliki personil dan peralatan yang masih sangat terbatas. (*Tommy)