Antisipasi Jalan Putus Total, Warga Detukeli Minta Penanganan Khusus

Kondisi Jalan

Kondisi Jalan

Zonalinenews, Ende – Memasuki musim hujan, warga Kecamatan Detukeli Kabupaten Ende berharap dapat diterima aspirasi, mendapat perhatian penanganan khusus pada sejumlah titik ruas jalan masuk menuju Ibu Kota Kecamatan Detukeli di Watunggere Marilonga.

 Harapan warga Kecamatan Detukeli ini menjadi atensi khusus sejumlah tokoh masyarakat Kecamatan Detukeli yang disampaikan kepada redaksi media ini secara tertulis dan saat crew media ini melakukan uji petik langsung di lapangan terhitung mulai tanggal 1 Desember 2017.

Warga Ibu Kota Kecamatan Detukeli, Ignasius Marilonga misalnya menitipkan pesan lisan kepada zonalinenews, meminta diteruskan kepada berbagai pihak terkait di Kabupaten Ende, meminta dapat segera dilakukan penanganan khusus pada sejumlah titik krusial yang sebelumnya menjadi langganan jalan putus menuju Ibu Kota Kecamatan Detukeli.

“Tolong kalau bisa, bantu dulu penanganan khusus di beberapa titik yang saat ini saja sudah semakin sulit dilalui kendaraan. Ini baru mulai masuk musim hujan, tapi perjalanan kendaraan menuju Ibu Kota Kecamatan sudah banyak yang terhenti di jalanan karena jalan tidak bisa dilewati. Kami hanya minta tolong atasi dulu beberapa titik ini supaya tidak putus total,” kata Ignasius Marilonga.

Ditambahkan, kondisi jalan menuju Ibu Kota Kecamatan Detukeli sudah mengalami beberapa perubahan atau membaik jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tetapi untuk saat sekarang sangat diharapkan langkah penanganan khusus pada beberapa titik.

Pantauan uji petik media ini, ruas jalan menuju Kecamatan Detukeli setelah melewati Kampung Wolopaku memang perlu penanganan khusus pada beberapa titik rawan longsor. Seterusnya melewati Kampung Detukeli menuju Kantor Camat di Watunggere Marilonga, secara umum sudah ada beberapa pembenahan bahkan sedang dikerjakan proyek pengaspalan. Namun terdapat dua titik vital dengan panjang akumulasi sekitar 300meter benar-benar sangat dibutuhkan penanganan khusus saat ini, yakni pada titik pendakian tanjakan Pu’u Bheto dekat Kampung Mbotuda serta titik kedua pada tikungan pasca tanjakan menuju Kampung Kurukota.

Dua titik ini berdasarkan data dan foto lapangan terkini menjadi kebutuhan pokok untuk segera ditangani demi tidak terputusnya akses menuju Ibu Kota Kecamatan Detukeli Kabupaten Ende.

Mirip senada dikeluhkan juga salah satu tokoh masyarakat warga Nida, Robertus Rabu yang menyampaikan harapannya persis ditemui saat ikut mendorong sebuah truck kayu yang gagal mendaki sebelah Kampung Mbotuda Kecamatan Detukeli. “Terus terang saja, kami minta dua titik ini ditangani khusus sebelum masuk Bulan Januari. Bisa saksikan sendiri sejak pagi tadi truck ini maju mundur tidak bisa tembus ruas yang hanya sepotong ini. Semoga Pemda bisa menerima aspirasi kami warga dan bisa mengambil langkah cepat sebab kalau ini tidak ditangani, maka akses menuju Kantor Camat dipastikan putus total. Semoga berkenan, ” ungkap, Robertus Rabu.

Hal senada diutarakan sejumlah warga lainnya, para penumpang yang terpaksa turun berjalan kaki karena truck tumpangan mereka tidak mampu melewati ruas jalan licin tanah liat, tanjakan berlubang dan penuh resiko kecelakaan. (*wrn)


TAG