FGD

Panwaslu Ende Gelar FGD Pengawasan Pemilu

FGDZonalinenews-ende,- Patisipatif Untuk mewujudkan pemilu yang jujur adil, jujur, bersih, dan berkualitas Panitian Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Ende menggelar Fokus Group Discusion (FGD) Pengawasan Pemilu Partisipatif.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Rumah Makan Citra Rasa Ende pada, Rabu 13 Desember 2017. Para peserta yabg hadir dalam FGD diantaranya dari partai politik, dari KPU, dari SKPD, dari Kejaksaan, Kepolosian, dan Pers.

Ketua Panwaslu Kabupaten Ende Esterlina Saga Joka dalam kegiatan tersebut mengatakan, panwaslu Kabupaten Ende memiliki kewenangan dalam pengawasan pemilu. Pengawasan dilakukan lanjut Ester sebagai mana moto Panwaslu.

” Bersama rakyat awasi pemilu, bersama panwaslu kita tegakan keadilan pemilu,” ungkap Ester.

Menurut Ester, pengawasan dan pemantauan dalam pemilu sebagai upaya untuk mengontrol agar pemilu jujur, adil, dan berkualitas. Dalam konteks pengawasan pemilu, Panwaslu dibantu badan pengawas pemilu sampai di tingkat desa dan tempat pemungutan suara. Ester menjelaskan, Panwaslu merupakan suatu organ negara. Karena organ negara, Panwaslu lanjut Ester membutuhkan adanya partisipasi masyarakat.

Partisipasi masyarakat tambah Ester, adalah bentuk hak warga negara dalam mengawasi hak pilihnya.

” Untuk itu kami mengharapkan partisipasi masyarakat dalam mengkhawal pemilu,” jelas Ester.

 Sekretaris Dinas Kesbangpolinmas Kabupaten Ende, Damianus Fraiyalus dalam upaya untuk mencegah kecurangan pemilu adalah dengan memastikan semua wajib pilih agar dapat menggunakan hak pilihnya.

 Politisi Senior PDIP Kabupaten Ende Yustinus Sani mengatakan, opsi lain dalam upaya untuk mencegah keawanan pemulu adalah dengan meningkatan kompetensi penyelenggara pemilu. Ketrangan Gambar: Sekretaris Dinas Kebangpolinmas Kabupaten Ende Damianus Fraiyalus saat memberikan materi dalan FGD. (*tommy)