foto PPK 4.6 Pembagunan Jembatan Perbatasan NTT Fahrudin

12 Jembatan Di Sektor Timur Perbatasan NKRI – Tiles Siap Dibangun

foto PPK 4.6 Pembagunan Jembatan Perbatasan NTT Fahrudin

foto PPK 4.6 Pembagunan Jembatan Perbatasan NTT Fahrudin

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) X Kupang melalui PPK 4.6 Pembagunan Jembatan Perbatasan Nusa Tenggara Timur (NTT) di tahun 2018 siap bangun 13 Jembatan untuk daerah perbatasan NKRI – Timor Leste (Tiles) sektor timur yang meliputi  Kabupaten Belu dan Kabupaten  Malaka. “Dari 13 Jembatan ini, 12 jembatan yang ada di Kabupaten Belu dalam waktu dekat sudah siap untuk dilelang,” kata PPK 4.6 Pembagunan Jembatan Perbatasan NTT Fahrudin kepada wartawan di ruang kerjanya, selasa 27 Februari 2018.

Menurutnya, berdasarkan RKKL yang ada pada DIPA 13 jembatan tersebut akan dibagun dengan anggaran sebesar 207 milyar. “Jadi yang sudah siap dilelang itu ada paket Pengantian Jembatan Mota’ain panjang/bentang 22.7 dengan kontruksi bagunan atas Girder Pratekan dan bagunan bawah Pancang Beton. Pembangunan Jembatan Asulait panjang/bentang 40 dengan kontruksi bangunan atas Rangka Baja dan bagunan bawah Pancang Beton. Pembangunan Jembatan Asulait 2 panjang/bentang 60 dengan kontruksi bangunan atas Rangka Baja dan bagunan bawah Bor Pile. Pembagunan Jembatan Asulait 3 panjang/bentang 60 dengan kontruksi bagunan atas Rangka Baja dan bangunan bawa Bor Pire. Pembangunan Jembatan Maubasa panjang/bentang 40 dengan kontruksi bagunan atas Rangka Baja dan bagunan bawah Sumuran. Pembangunan Jembatan Fulur panjang/ bentang 8.5 dengan kontruksi bangunan atas Multi Plate/Aramco. Pembagunan Jembatan Baukama 3 panjang/bentang 28 dengan kontruksi bagunan atas Gerder Pratekan dan bangunan bawah Sumuran.Pembangunan jembatan Babulu panjang/bentang 133 dengan kontruksi bagunan atas Garder Pratekan dan bagunan bawah Bor Pile. Pembangunan Jembatan Halimodok 1 panjang/bentang 45 dengan kontruksi bangunan atas Rangka Baja dan bangunan bawah Pancang Beton. Pembagunan Jembatan Halimodok 2 panjang/bentang 20 dengan kontruksi bagunan atas Balok T dan bangunan bawa Pancang Beton. Pembangunan Jembatan Baukama Hasmetan 3 panjang/bentang 60 dengan kontruksi bangunan atas Rangka Baja dan bagunan bawah Bor Pire. Dan Pembangunan Jembatan Pos Lookeu 2 panjang/bentang 20 dengan kontruksi bangunan atas Balok T dan bangunan bawah Pancang Beton,” ungkap Fahrudin.

Dikatakan, Pembaguanan Jembatan Baukame Hasmetan dengan bentangan 400 dengan kontruksi bangunan atas menggunakan Causeway Bridge didrop karena kondisi sungai di Kabupaten Belu tersebut banyak materioal batu, pepohonan dan lain sebagainya sangat tidak cocok dengan kontruksi itu sehingga dari 13 paket tersebut yang hanya dilelang hanya 12 paket. “Tapi untuk menambah pagu yang kurang paket Pembangunan Jembatan Baukame Hasmetan kita akan alihkan ke tempat yang lain,” jelas Fahrudin.

Saat ini 12 peket tersebut, kata Fahrudin masih dalam tahap pelelangan, namun apa bila tidak ada kendala dalam proses pelelangna maka pada bulan akhir maret 2018  sudah ini sudah bisa dilakukan penandatangan kontrak sehingga eksen dilapangan juga sudah bisa dilakukan. “Perhintungan saya akhir maret semua pekerjaan sudah bisa berjalan,” ujarnya.

Ia menambahkan, total keseluruhan jembatan yang ada pada sektor timur 21 sehingga apabila di tahun 2019 mendatang yang tersisa delapan jembatan tersebut disetujui, maka seluruh jambatan diruas sabuk merah sektor timur sudah bisa di fungsikan. “jadi tahun ini 13 jembatan dan tersisa di tahun 2019 itu ada delapan jembatan,” papar Fahrudin. (*hayer)