DIMUTASI KE KELUBAGOLIT LEWAR MARAH SEBUT PERDA SAJA KAMU KANGKANGI

NURSE YAKOBUS LEWAR SAAT MENDATANGI KANTOR DINAS KESEHATAN

NURSE YAKOBUS LEWAR SAAT MENDATANGI KANTOR DINAS KESEHATAN

Zonalinenews.com-Larantuka,  Selasa 6 Februari 2018 salah seorang  ASN Dinas Kesehatan Kabupaten Flores Timur , Nurse Yakob  Lewar   marah dan kesal serta mendatangi dinas Kesehatan mempertanyakan  soal SK  mutasi dirinya ke kecamatan Kelubagolit oleh Bupati Flores Timur.

 “ Laporan fiktif  selama ini  yang kamu buat di Dinas Kesehatan,Perda saja  kamu kankangi bagaimana dinas ini akan maju…?. Begini terus makanya dinas ini menuai masalah terus ,”ucap Yamin Lewar  saat mendatangi Kantor dinas kesehatan.

Dengan Kesal Lewar mengatakan, Apa urgensinya.  “Masa saya dimutasikan ke kecamatan kelubagolit…?.  Saya ini orang   kesehatan.  Kemarin policeline baru di buka, sekarang kamu policeline yang ini…? (sambil menunjuk salah satu pintu ruangan yang tertutup rapat). Ini bukti saya bawa, uang pasien selama ini tidak pernah kamu kasih ketika mereka  datang, kalian atur semua disini periksa…! sudah berapa  tahun selama ini. Apa urgensinya, kasih tau saya. Masa saya tuan rumah tidak tahu, Saya mutasi tidak ada yang tahu Ini pembohongan,”tegas Lewar.

Lebih Lanjut Nurse Yakob Lewar memperingatkan,   dirinya  tidak sebodoh yang kalian pikirikan.  “ Kita semua S1 bahkan sudah S2 tapi apa model begini kerja. Saya punya bukti semua laporan ini laporan Fiktif (sambil menujuk  lembaran kertas di tangannya). Ini Bukti perda saja kamu  kangkangi kok, saya kerja di Solor Selatan dengan tulus siang, malam tidak kenal lelah mungkin karena persoalan yang saya angkat sehingga saya dimutasikan. Kerja seperti ini maka dinas ini menuai persoalan terus, karena memang  cara kalian model begitu otak sarjana semua tapi apa? saya Nurse saya orang Profesional, ‘’tegas Yamin.

Saat di wawancarai Zonalinenews terkait persoalan Nurse Yakobus Lewar, sehingga Dirinya dimutasikan, Yamin Akrab di sapa mengatakan ada tiga persoalan yang terjadi di puskesmas Kelike  Aimatan, kecamatan Solor Selatan, yang pertama sepeda motor dinas, tidak berada di jam kantor selama hampir  lebih  dua tahun digunakan suami Kepala PLT Puskesmas Kelike Aimatan.

Yang Kedua  Lanjut Yamin , bak mandi dari tahun 2016 rumah tunggu yang dibangun sampai saat ini tidak berfungsi sehingga air pasien ambil sendiri.

Yang  Ketiga kata Yamin , pasien melahirkan dirumah ’’ Mereka (pasien)  sudah datang ke Puskesmas tetapi di suruh pulang,  padahal tinggal menunggu waktu 4 jam saja untuk melahirkan, sementara slogan kita  2H2 Center artinya dua hari Sebelum  dan dua hari sesudah, “jelas Yamin.

Saat ditanya Zonalinenews siapa yang suruh pulang pasien ,  Nurse Yakobus Lewar mengatakan, kalau tidak Petugas lalu siapa yang suruh pulang…?, “Jelas Lewar.

Nurse Yakobus Lewar berharap Kepada Bupati Flores Timur, kalo ada persoalan tolong dikaji baik-baik sehingga pemecahan masalah  jangan sampai melahirkan masalah.

Untuk Dinas kesehatan  tidak boleh “Tebang Pilih” dalam menilai Persoalan.

“Kami semua Ini Anak-anak dinas Kesehatan mestinya dipanggil, diklarifikasi supaya dapat melahirkan sebuah keputusan.  kalau kami salah kami mengakui kesalahan itu,kalau kami benar  mengapa kami di salahkan…? Tanya Lewar.

Sementara itu salah seorang perawat Gigi , Tini Hayon mengungkapkan, SK ini,  SK sepihak .

Menurutnya satu-satunya Perawat gigi Yang ada di puskesmas Kelike Aimatan dirinya.

“ Saya di Mutasikan Ke Lato  Sedangkan peralatan  di sana tidak ada apakah Saya hanya masuk kantor dan duduk diam tanpa melakukan Kegiatan…? , “ucap Tini dengan berlinang air mata.

Seketaris Daerah Kabupaten Flores Timur, Anton Tonce Matutina ketika dikinformasi setelah baru tiba dari peaswat pukul 14.00 di ruang kerjanya menegaskan,  terkait ketidakpuasan Nurs Yakobus Lewar  soal mutasi  Tonce menegaskan  sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) siap ditempatkan dimana saja.

Lanjutnya , alasan kenapa di mutasi menurut Tonce  itu hak bupati karena alasan  yang bersangkutan masuk kantor ikut keinginannya. “ Datang jam berapa  dan pulangpun ikut sukanya,” jelas Tonce. (*Ritha/Bony)


TAG