Puluhan TKI Ilegal Asal Kabupaten Belu Diamankan Kodim 1604 Kupang

foto puluhan TKI asal Kab Belu yang diamankan di Kodim 1604 Kupang

foto puluhan TKI asal Kab Belu yang diamankan di Kodim 1604 Kupang

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Sebanyak 31 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Ilegal yang terdiri dari 26 orang dewasa dan 5 orang balita asal Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur (NTT) diamankan Kodim 1604 Kupang di Desa Penfui Timur Kabupaten Kupang, Kamis 1 Maret 2018.

Babinsa Desa Penfui Timur Sertu Paulus Kana Tiri mengungkapkan, berdasarkan informasi dari masyarakat diduga ada puluhan TKI Ilegal siap diberangkatkan yang ditampung di Hotel Flamboyan yang beralamat di Desa Penfui Timur tersebut, Babinsa langsung berkordinasi dengan aparat Desa setempat serta Intel Kodim untuk dilakukan penangkapan. “mereka kita sudah amankan untuk pemeriksaan lebih lanjut oleh pihak Nakertrans Provinsi NTT,” kata Sertu Paulus Kana Tiri kepada wartawan di Kodim 1604 Kupang.

Menurutnya, Puluhan calon TKI yang di rekrut oleh PJTKI Mustika Jaya tersebut akan diberangkatkan ke Kalimatan tanpa ada surat jalan yang jelas. “Setelah dilakukan pemeriksaan mereka hanya mengantongi KTP dan SIM saja dan tiket pesawat yang berakhir di Surabaya,” ungkap Paulus.

Sementara itu salah satu calon TKI Marsiana Abuk 32 tahun warga Desa Dafala, Kecamatan Tasifeto Timur  yang ditemui zonalinenews.com mengatakan, ia bersama tiga anaknya yang kembar berusia 5 tahun dan 10 bulan serta  puluhan calon TKI lainya rencana akan diberkangkatkan untuk dijadikan sebagai buru di Perkebunan Kelapa Sawit Kalimantan oleh perekrut atas nama Safilus Satu tanpa diberikan uang saku. “Kita hanya dibelikan tiket saja tidak ada uang,” papar ibu tiga anak itu. (*hayer)