Dinkes Kota Kupang Gelar Workshop Penggalangan Komitmen Akreditasi Puskesmas

foto bersama  Kelapa Dinkes Kota Kupang  Ari Wijaya dan Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man

foto bersama Kelapa Dinkes Kota Kupang Ari Wijaya dan Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang gelar Workshop penggalangan Komitmen Akreditasi Puskesmas se-Kota Kupang, di Balai Kota Kupang, Selasa, 17 April 2018.

Kepala Dinkes Kota Kupang, Ari Wijaya dalam sambutannya mengatakan, tujuan Whorkshop tersebut untuk mendukung kemudahan akselerasi dalam pencapaian akreditasi 11 puskesmas di kota kupang tahun 2018. “Juga menjamin kesinambungan ketersediaan sumber daya puskesmas sesuai standar dalam menjamin mutu pelayanan,” Kata Ari,

Selain itu, Kata Ari, Memastikan kesinambungan ketersediaan dan operasional dan pemeliharaan sarana prasarana serta peralatan puskesmas termasuk alokasi dana kalibrasi alat secara berkalla.

Menurutnya, melakukan peningkatan kompetensi tenaga puskesmas serta Melakukan monitoring dan evaluasi kinerja puskesmas di wilayah kerjanya secara berkala dan berkesinambungan. “Dan Mengeluarkan regulasi yang bertujuan memfasilitasi untuk meningkatkann akses dan mutu pelayanan,” Ujar Ari.

Sementara Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man mengatakan, kesehatan merupakan bagian yang penting dalam menunjang kelancaran aktivitas sehari-hari, terutama para tenaga kesehatan agar dapat menunjang kelancaran proses pelayanan kesehatan terhadap pasien.

Selain pelayanan tenaga kesehatan, kata Herman, diharapkan juga adanya penyediaan ruang peristirahatan yang layak dengan fasilitas kesehatan yang memadai agar pasien merasa nyaman.

Disamping penangan kesehatan oleh tenaga medis, kata Herman, juga diisyaratkan bagi puskesmas memenuhi sarat administrasi sesuai dengan peraturan Mentrinkesehatan nomor 75 tahun 2014 tentang Puskesmas. “Dimana puskesmas harus diakreditasi minimal tiga tahun sekali,” kata Herman.

Ia megungkapkan, akreditas merupakan salah satu persyaratan kredensial sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang bekerjasama dengan BPJS kesehatan yang muaranya kepada peningkatan pelayanan kesehatan mulai dari tingkat pertama dengan pelayanan prima.

Dikatakan, tahun ini juga, direncanakan 11 Puskesmas di kota kupang akan melaksanakan akreditasi puskesmas guna meningkatkan mutu dan kinerja pelayanan sarana kesehatan dasar oleh sebelas Puskesmas tersebut serta dapat menentukan status akreditasi pada masing-masing Puskesmas. “Dengan demikian, melalui penggalangan komitmen akreditasi tingkat kota kupang ini, dibutuhkan dukungan penuh dan bekerja sama dengan melibatkan para pimpinan OPD, DPRD, seluruh stakeholder bidang kesehatan, kepolisian, TNI, pemuka agama dan masyarakat, PKK, sekolah-sekolah, organisasi profesi, LSM.dan kintas sektor terkait dengan 11 puskesmas agar dapat memenuhi standar penilaian akrefitasi,” papar Harman.

Menurutnya, dengan dukungan yang kuat dari berbagai elemen terhadap puskesmas ini, merupakan salah satu cara dalam membangun sistem pelayanan klinis serta penyelenggaraan upaya puskesmas, didukung oleh tata kelolah yang baik dan kepemimpinan yang mempunyai komitmen yang tinggi. “Agar dapat terjangkau masyarakat untuk direalisasikan secara berkesinambungan di seluruh Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama,” ujar Herman.

Ia menambahkan, Puskesmas merupakan garda terdepan dalam penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat dan perorangan dan tidak lagi menjadi tempat layanan umum yang disepelekan oleh masyarakay luas. “Semoga dengan adanya areditasi ini, akan membuay kelas puskesmas sendiri menjadi lebih berkualitas, bukan saja karena peralatannnya, melainkan pelayanan terhdap masyarakat dan orientasi terhadap kepuasan pelanggannnya,” tutur Herman. (*hayer)