Pemkot Kupang Dan Pemkab Ngada Teken MOU Pelayanan Tera

foto Wali KOta Jefri Riwu Kore dan Pelaksana Tugas Bupati Ngada, Paulus Soliwoa teken MoU Pelayanan Tera

foto Wali KOta Jefri Riwu Kore dan Pelaksana Tugas Bupati Ngada, Paulus Soliwoa teken MoU Pelayanan Tera

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Wali Kota Kupang, Jefry Riwu Kore dan Pelaksana Tugas Bupati Ngada, Paulus Soliwoa resmi teken nota kesepahaman Memorandum of Understanding  (MoU) kesepakatan bersama Pemerintah Kota (Pemkot)  Kupang  dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngada tentang penyelenggaraan Pelayanan Tera,Tera Ulang dan Pengawasan Mertrologi  Legal. kegiatan ini   berlangsung diruang rapat Garuda Lantai II Balai Kota Kupang, Kamis 5 April 2018 sekitar pukul 9.00 wita.

Paulus Soliwoa pada kesempatan tersebut mengatakan, Penandatanganan MoU tersebut menindaklanjuti permintaan kerjasama  Pemkab Ngada karena kebutuhan pelayanan tera yang mendesak. Menurutnya, ada sekitar 2000 atau 75 persen dar seluruh jumlah alat ukur perdagangan perlu diterima atau ditera ulang, namun Pemkab Ngada belum memiliki alat dan sumber daya manusia dibidang tersebut.

“Sejak Oktober 2016, berdasarkan Undang – Undang (UU) nomor 23 tahun 2014 tentqng pemerintahan daerah, urusan bidang  perdagangan pada Sub urusan standardisasi  dan perlindungan konsumen mengamanatkan pelaksanaan metrologi legal berupa Tera, Tera Ulang dan Pengawasan yang belum menjadi kewenangan Provinsi diserahkan ke Pemkab atau Kota. Pemerintah Provinsi telah menyerahkan personel maupun alat –alat kemetrologian legal kepada Pemkot Kota sejak tahun 2017. Selain itu Pemkab Ngada, beberapa Kabupaten yang telah mengajukan kerjasama untuk urusan yang sama antara lainkabupaten Kupang, Timur Tengah Selatan (TTS), Lembata dan Kabupaten sumba Timur,” kata Paulus.

Sementara itu Wali Kota Kupang Jefry riwu Kore yang didampingi Wakil wali Kota Kupang Hermanus Man Mengunkapkan, kesepakatan bersama ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Daerah untuk memberikan perlindungan bagi masyarakat sebagai konsumen. “Bagi Wali Kota Kupang yang terutama jaminan kepuasan masyarakat,” ungkapnya.

Ia berharap, kesepakatan bersama ini akan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama  teknis substansinya akan dilaksanakan oleh perangkat daerah kedua belah pihak,” papar Jefry. (*hayer)