Yano dan para peserta UNBK, Pelajar Seminari Santo Brachmans Mataloko, Ngada.

UNBK Matematika ‘Siswa Seminari Todabelu Ngada Temukan Kejanggalan

Yano dan para peserta UNBK, Pelajar Seminari Santo Brachmans Mataloko, Ngada.

Yano dan para peserta UNBK, Pelajar Seminari Santo Brachmans Mataloko, Ngada.

Zonalinenews, Ngada – Peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer tingkat SMA, menyisahkan sejumlah catatan. Di Ngada Flores, peserta UNBK dari Seminari Santo Brachmans Todabelu Mataloko, Kecamatan Golewa menemukan sebanyak empat soal bidang studi Matematika tanpa memiliki jawaban sesuai pertanyaan yang diturunkan. Kepada Wartawan Tanggal 11 April 2018 di Seminari Mataloko Ngada, para peserta UNBK menyampaikan hasil uji korelasi mereka tentang temuan ini.

 “Ada beberapa catatan dari kami selaku peserta UNBK Tahun 2018, untuk Bidang Studi Matematika terdapat sejumlah soal tanpa jawaban. Selama proses ujian berlangsung kami berusaha meneliti sejumlah opsi jawaban yang tersedia, namun tidak ada korelasi jawaban ketika dipadukan dengan rumusan pertanyaan yang dikeluarkan. Kami minta hal ini bisa didalami dan kalau bisa kami pun mendapatkan jawaban”, ungkap Yano dan para peserta UNBK, Pelajar Seminari Santo Brachmans Mataloko, Ngada.

 Sementara untuk bidang studi lain, para peserta mengaku tidak mempunyai kandala serius selama mengerjakan soal-soal Ujian Nasional Berbasis Komputer Tahun 2018. Sebanyak Enam Puluh Delapan Siswa SMA Seminari Santo Brachmans Todabelu Mataloko Ngada mengikuti UNBK Tahun 2018 dan berjalan sangat kondusif. Konfirmasi Media ini Tanggal 11 April 2018 melalui Kepala Sekolah Seminari Santo Brachmmans Todabelu-Mataloko Kabupaten Ngada, Flores, Romo Idrus Pr, menurut Romo Idrus, keluhan para peserta sudah disampaikan langsung dari para peserta UNBK kepada pihak panitia, pihak pengawas UNBK Tahun 2018 serta pihak sekolah. Namun, kata Romo Idrus, Pr, itu merupakan temuan theknis dari para peserta, yang nantinya akan berproses dan dikaji oleh para pihak berkompeten.

Menurut para peserta UNBK Seminari Todabelu Mataloko, khusus untuk bidang studi Matematika, meski sudah dilakukan sejumlah perhitungan pencakaran, empat nomor soal ujian bidang studi Matematika tidak memiliki ketersediaan jawaban. Opsi jawaban yang tersedia dalam lembaran kerja, kata mereka, tidak sesuai dengan pertanyaan soal yang diturunkan. (*wrn)