Dinas P Dan K Kota Kupang Gelar Lomba Pemilihan Guru, Kepsek Dan Pengawas Berprestasi

foto bersama Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man dan Kadis P dan K Kota Kupang Filmon Lulupoy serta Anggota DPRD Kota Kupang pada pembukaan perlombaan tersebut

foto bersama Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man dan Kadis P dan K Kota Kupang Filmon Lulupoy serta Anggota DPRD Kota Kupang pada pembukaan kegiatan perlombaan tersebut

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, maka Pemerintah memprogramkan kegiatan lomba pemilihan Guru, Kepala Sekolah (kepsek) dan Pengawas Sekolah berprestasi  untuk mengetahui lebih jauh peran tenaga pendidik, Kepsek dan Pengawas Sekolah sebagai media dan motifator handal serta profesional dalam menjalankan tugas dan keahliannya sebagai peserta didik. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Kadis P Dan K) Kota Kupang Filmon Lulupoy dalam Laporan Panitia di aulan PDAM Thirta Kota Kupang, Rabu 30 Mei 2018.

Menurutnya, pemilihan Guru, Kepsek dan pengawas Sekolah berprestasi merupakan salah satu perhatian dan penghargaan Pemerintah Pusat dan Daerah. Pendidikan merupakan alat ampuh yang dapat merubah sikap dan prilaku seseorang, memanusiakan manusia, agar dia dapat tahu dan mengenal dirinya serta bertanggung jawab bagi bangsa dan negara. “Karena itu maka Pemerintah mengadakan kegiatan lomba pemilihan Guru, Kepsek dan pengawas Sekolah berprestasi tingkat Kota/Kabupaten , tingkat Provinsi dan tingkat Pusat tahun 2018,” kata Filmon.

Ia mengataka, dengan tema membagun keteladanan Guru, Kepsek dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan ketrampilan dasar memasuki abad ke-21 ini kegiatan akan digelar selama tiga hari, yakni tanggal 30 Mei – 1 Juni 2018 yang bertempat di aula kantor PDAM Thirta Kota Kupang. “Peserta lomba pemilihan Guru, Kepsek dan Pengawas Sekolah berprestasi  dari jenjang Taman Kanak – Kana (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2018 untuk menjaring juara I, II, III. Dan juara I akan mewakilin Kota Kupang di tingkat Provinsi,” ungkap Filmon.

Perlombaan yang digelar Pemkot Kupang  ini, lanjutnya adalah program Dinas P Dan K Kota Kupang di Bidang Pembinaan Tenaga Pendidik Dan Kependidikan. “ Perlombaan ini diikuti sebanyak 32 peserta dari Guru TK 3 orang, Gury SD 7 orang, guru SMP dan Kepsek TK 5 orang, Kepsek SD 4 orang, Kepsek SMP 3 orang. Sedankan Pengawas TK 3 orang, Pengawas SD 1 orang dan Pengawas SMP 2 orang,” jelas Filmon.

Sementara itu hadir pada acara tersebut Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man sekaligus membuka kegiatan tersebut mengungkapkan, Guru itu adalah profesi. Dari aspek pemahaman Guru sangat menguasai ilmu edukatif, Kepsek menguasai ilmu manjemen. Menurutnya, semakin tinggi ilmu manajemen, semakin berkurang aspek tekniknya. “Perlombaan ini akan dinilai oleh panitia dari semua kemampuan kita. Mulai dari kemampuan itelektual, kopentensi dan kemampuan komunikasi. Dari aspek komunikasi kita itu bicara harus jelas. Mengeluarkan kata perintah juga harus jelas. Inti dari sebua komunikasi itu sangat penting,” kata Hermanus.

Dikatakan, sensitofiti atau kepekaan seseorang pemimpin itu sangat penting  sehingga kepekaan bisa dipakai untuk merasakan pada pihak lain. “Perserta lomba ini jangan haya ikut lomba karena memanuhi undangan saja tetapi harus memiliki kualitas yang baik,” pinta Wakil Wali Kota kupang dua periode itu. (*hayer)