Kandala Sarana, UNBK SMPK Supra Ngada Kerjasama Dengan SMA Thomas

unkb smpZonalinenews, Ngada – Keterbatasan ketersediaan serta dukungan pengadaan sarana prasarana komputer sekolah-sekolah adalah faktor penghambat utama yang mengakibatkan masih begitu banyaknya sekolah belum bisa menyelenggarakan Ujian Nasiona Berbasis Komputer.

Pantauan media ini tanggal 26 April 2018 di Golewa Kabupaten Ngada Flores, para peserta Ujian Nasional berbasis komputer di SMPK Supra Kecamatan Golewa Ngada misalnya, terpaksa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer tahun ini di ruang laboratorium milik SMA Thomas Aquino Mataloko-Kecamatan Golewa Ngada.

Menurut Kepala Sekolah SMPK Supra Golewa, Maria Dolorosa Du’e, langkah ini ditempuh pihak sekolah akibat belum mempunyai sarana prasarana laboratorium komputer secara memadai. Saat ini, kata dia, SMPK Supra Golewa hanya memiliki enam unit komputer di labor sekolah. Dengan kondisi seperti ini pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer yang diikuti sembilan puluhan orang lebih peserta SMPK Supra, terpaksa dilakukan dengan upaya alternatif meminjam ruang labor milik sekolah lain di radius terdekat, milik SMA Thomas Aquino Mataloko.

“Ya ini tahun pertama sekolah kami menyelenggarakan UNBK. Kami melaksanakannya dengan meminjam laboratorium milik SMA Thomas karena di sekolah kami masih sangat terbatas prasarana komputer. Hanya ada enam komputer yang ada, sehingga menjadi pilihan dilematis, tetapi saya juga tidak mau anak-anak ini mengalami ketertinggalan, menunggu sampai tingkat SMA nanti baru belajar mengikuti UNBK. Jadi kita prakondisikan mulai fase SMP mengenal UNBK”, ungkap Kepsek SMPK Supra Golewa, Maria Dolorosa Du’e. Tahun ini adalah tahun pertama SMPK Supra Golewa menyelenggarakan UNBK. Dengan kondisi seperti ini sangat diharapkan bisa membuka mata banyak pihak melihat kebutuhan real sekolah-sekolah di daerah. (*wrn)