unkb smp

Lima Bulan Dana BOS di Ngada Belum Cair

unkb smpZonalinenews, Ngada – Penelusuran media ini di Kabupaten Ngada, pencairan Dana BOS jatah Triwulan I Tahun 2018 (Januari, Februari, Maret) tingkat SD dan SLTP belum direalisasi hingga akhir Bulan Mei Tahun 2018. Keterambatan pencairan Dana BOS kali ini cukup membingungkan, menimbang April, Mei dan Juni sudah masuk dalam masa pembiayaan Triwulan II Dana BOS bagi sekolah-sekolah dari sumber bantuan APBN.

Meski demikian, hampir seluruh sekolah mengaku tidak berani mendesak ataupun mempertanyakan kepada pihak terkait atas persoalan yang dihadapi. Pantauan media ini hingga Tanggal 28 Mei 2018 pencairan Dana BOS masih menjadi tanya besar bagi sekolah-sekolah di wilayah Ngada. Penelusuran media ini terhitung sejak tanggal 20 Mei hingga 26 Mei 2018 di sejumlah wilayah Ngada termasuk sekolah-sekolah dalam Kota Bajawa, diketahui pencairan Dana BOS benar-benar molor hingga memasuki Triwulan II. “Pencairan Dana Bos selalu saja terlambat.

Setiap keterlambatan, sekolah-sekolah disalahkan karena masalah administrasi belum diberesi. Itu benar dan dimaklumi. Tetapi keterlambatan kali ini sangat membingungkan, karena molornya sampai dua triwulan, yaitu sampai masuk bulan Juni”, ungkap sejumlah Guru dan Kepala Sekolah dalam wawanacara media ini di wilayah Ngada.

Rangkuman media ini, begitu banyak sekolah mengaku terpaksa berhutang kiri-kanan, meminjam uang guna mengatasi pembiayaan kebutuhan operasional sekolah, termasuk saat penyelenggaraan Ujian Nasional yang sudah dilewati. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui alasan keterlambatan pencairan Dana BOS di wilayah Ngada. Sekolah-sekolah pun belum mengetahui apakah pencairan Triwulan I langsung direalisasi bersama Triwulan II atau cicil Triwulan I. (*wrn)