Kegiatan uji kepatutan dan kelayakan bakal calon legislatif Pemilu 201

Caleg PKB Kota Kupang Harus Penuhi 3 Kriteria Standar

Kegiatan uji kepatutan dan kelayakan bakal calon legislatif Pemilu 201

Kegiatan uji kepatutan dan kelayakan bakal calon legislatif Pemilu 201

Zonalinenews-Kupang,- Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kota Kupang menetapkan 3 kriteria yang harus dimiliki setiap bakal calon anggota legislatif (Caleg).

Hal ini diungkapkan Ketua Dewan Tanfidz DPC PKB Kota Kupang, Daniel Hurek saat memberikan sambutannya pada kegiatan uji kepatutan dan kelayakan bakal calon legislatif Pemilu 2019, Kamis 7 Juni 2018  di hotel Grenia Oebobo Kota Kupang.

“Caleg PKB minimal memenuhi 3 kriteria. Pertama, memiliki kapasitas intelektual dan kapasitas pengetahuan sebagai politisi dan pejuang,” kata Hurek.

Kriteria kedua, lanjut anggota DPRD Kota Kupang ini, mendapatkan bakal caleg yang memiliki dukungan yang relatif besar, riil dan terukur. Ketiga, bakal caleg memiliki daya jelajah yang tinggi.

“Partai mau mendapatkan bakal caleg yang punya mobilitas tinggi,” tandas Hurek.

Dia menjelaskan, kapasitas yang tinggi tapi daya dukung elektabilitas bakal caleg yang rendah tidak mungkin mengantar orang tersebut menjadi anggota DPRD.

Kemudian kapasitas intelektual seorang bakal caleg tinggi ditunjang dukungan elektabilitas yang bagus tapi mobilitas bakal caleg rendah juga susah menjadi anggota DPRD. Karena itu, DPC PKB Kota Kupang menempuh beberapa tahap dalam menjaring bakal caleg.

“Untuk mengukur elektabilitas bakal caleg, kita menggunakan verifikasi faktual,” beber Hurek.

Parameter berikutnya, lanjut Hurek lagi, daya jelajah seorang bakal caleg yang diukur dari kemampuan finansial.

“Parameter berikut adalah daya jelajah yang diukur dari kemampuan menyediakan bensin. Kalau bensin tidak cukup, nanti daya jelajahnya tidak dapat,” terang Hurek.

Ketua Fraksi Gabungan DPRD Kota ini menambahkan, ukuran-ukuran sederhana ini yang mau PKB capai untuk memenuhi harapan PKB secara nasional yakni mendapatkan kurang lebih 20 ribu dukungan atau suara untuk DPR RI, satu kursi PKB di DPR NTT dan minimal 5 kursi di DPRD Kota sehingga bisa gapai 1 Fraksi di DPRD Kota Kupang.

“Andai kami bisa meraih cita-cita ini maka kita sudah punya Fraksi sendiri. Punya Fraksi sendiri itu mahal harganya,” pungkas Hurek.

Sekretaris LPP DPC PKB Kota Kupang, Rusydi  Saleh  menjelaskan, uji kepatutan dan kelayakan bakal caleg Pemilu 2019 ini diikuti 48 orang.

Sedangkan tim penilai dipilih dari kalangan akademisi yang ada di luar PKB seperti Ahmad Atang, Stanis Man, Rudyanto Tonubessi dan Aziz Adang Djaha .

Kegiatan uji kepatutan dan kelayakan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Dewan Suro PKB, Suroto. (*tim)