Pemuda Katolik Apresiasi Kinerja Dinas Pariwisata Ende

Ketua Pemuda Katolik Ende, Agustinus Rae

Ketua Pemuda Katolik Ende, Agustinus Rae

Zonalinenenws-Ende,- Dinilai sukses selenggarakan festival Pesona Kebangsaan dan Bulan Soekarno di Ende, Dinas Pariwisata (Dispar) mendapat apresiasi dari Pemuda Katolik Ende

Disampaikan Ketua Pemuda Katolik Ende, Agustinus Rae Minggu, 6 Juni 2018,  apresiasi tersebut mencermati prospek festival Pesona Kebangsaan dan Bulan Soekarno yang dilaksanakan secara konsisten oleh Dispar dan telah menunjukan prestasi.

“Ya, kami memberi apresiasi kepada Dinas Pariwisata Ende mencermati pelaksanaan festival Pesona Kebangsaan dan Bulan Soekarno yang secara konsisten dilaksanakan dan telah menunjukan prestasi”, kata Rae.

Pelaksanaan festival Pesona Kebangsaan tahun ini merupakan pelaksanaan kali keempat sedangkan untuk Bulan Soekarno merupakan pelaksanaan kedua. Rae menyebutkan kedua festival tersebut berdampak luar biasa khsususnya terhadap promosi wisata kabupaten Ende.

“Setiap memperingati Hari Lahir Pancasila perhatian publik Indonesia pasti ke Ende. Dinas Pariwisata Ende berhasil mengalihkan perhatian publik agar terpusat Ende melalui dua festival tersebut, dan itulah promosi wisata”, lanjut Agustinus Rae.

Hasil dari promosi dapat ditunjukan dengan mencermati angka peningkatan wisatawan yang berkunjung ke kabupaten Ende.

“Angka kunjungan menunjukan peningkatan dari tahun ke tahun. Jumlah kunjungan pada tahun 2014, berjumlah 54.701 meningkat menjadi 63. 260 pada tahun 2015. Pada tahun 2016 jumlah kunjungan naik menjadi 81.322 dan meningkat lagi di tahun 2019 menjadi 91.219 wisatawan, baik domestik maupun luar negeri”, papar Rae.

Statistik peningkatan kunjungan ini kemudian dikukuhkan lagi dengan penghargaan yang diterima oleh kabupaten Ende, sebagai kabupaten dengan kunjungan wisatawan terbanyak kedua se-NTT, hanya berada dibawah Manggarai Barat.

“Dengan mencermati hal-hal itu sekiranya tepat kami memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pariwisata Ende”, lanjutnya, apresiasi Pemuda Katolik Ende diharapkan dapat menjadi penyemangat apalagi mengingat target Dispar Ende dalam hal meningkatkan angka kunjungan wisatawan. “Bebebrapa bulan lalu saya pernah berdiskusi dengan pak Kadis dan beliau mengatakan angka kunjungan yang ditargetkan hingga 2019 mencapai 100 ribu wisatawan”.

Rae menegaskan Pemuda Katolik Ende akan selalu mengkhawal pembangunan daerah dan menjadi mitra kritis bagi pemerintah. (*gus)