foto Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man saat kegiatan pertemuan KPA dan Pendamping Orang HIV dari WPA se-Kota Kupang

1 Januari 2019 Lokalisasi KD Akan Ditutup

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Untuk mencegah meningkatnya angka HIV AIDS di Kota Kupang, Pemerintah Kota (Pemkot Kupang) janji 1 Januari 2019 mendatang Lokalisasi Karang Dempel (KD) segera ditutup. “Per 1 Januari 2019 kita pastikan KD sudah tutup,” kata Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man kepada wartawan usai kegiatan pertemuan KPA dan Pendamping Oda HIV dari WPA se-Kota Kupang. Kegiatan ini berlangsung¬† di aula Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota Kupang, Kamis 9 Agustus 2018.

Menurutnya, langkah – langkah persiapan penutupan Lokalisasi KD oleh pemerintah adalah melakukan rapat kordinasi dengan Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh – tokoh agama, tokoh – tokoh perempuan dan Dinas Sosial. “Kita sudah melakukan pendataan penghuni serta daerah asal, sosialisasi di lokasi oleh tim yang dibentuk oleh Dinas Sosial dan pihak terkait sebanyak tiga kali yang melibatkan pemilik pengusaha resto, cafe, kios dan indekost yang berada di lokasi itu,” ungkap Hermanus.

Untuk proses pemulangan pekerja, lanjutnya Pemkot Kupang sudah melakukan kordinasi dengan pemerintah pusat atau kementrian, daerah asal pekerja, pembiayaan pemulangan serta pengawasan terhadap pekerja. “Yang kita akan tutup lokalisasi KD duluan. Sedangkan hotel dan pitrad nanti kemudian. Karena hotel – hotel dan pitrad itu masih didata keseluruhan. Apa bila lokalisasi KD ditutup dan pekerja di hotel dan pitrad meningkat maka hotel dan pitrad itu juga kita akan tindak tegas untuk tutup. Sebab itu luapan pekerja dari lokalisasi KD” jelas Hermanus. (*hayer)