foto bersama panitia Seminar Nasional Fakultas Sains Dan Teknik Undana Kupang

Prodi Teknik Mesin FST Undana Jadi Tuan Rumah Kegiatan BKSTM Indonesia

foto bersama panitia Seminar Nasional Fakultas Sains Dan Teknik Undana Kupang

foto bersama panitia Seminar Nasional Prodi Teknik Mesin FST Undana Kupang

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Program Studi Teknik Mesin (Prodi Teknik Mesin) FST Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang sebagai tuan rumah resmi ditujuk secara aklamasi pada tahun 2014 lalu saat SNTTM XIII dilaksanakan di Universitas Indonesia (UI) Jakarta, untuk menjadi penyelengara kegiatan Seminar Nasional tahunan Teknik Mesin ke XVII yang akan direncanakanpada tanggal 2 – 5 Oktober 2018 nanti. Kegiatan Badan Kerja Sama Teknik Mesin (BKSTM) Indonesia tahun 2018 tersebut diawali dengan kuliah umum oleh Prof. Oliver Polit dari Universite Paris Nanterre dan dilanjutkan dengan musyawarah anggota BKSTM, Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin (SNTTM) ke XVII dan Lomba Nasional tahunan Rancang Bangun Mesin (LNT – RMB) ke VIIIyang juga diikuti tim mahasiswa dari Prodi Teknik Mesin FST  Undana sebagai salah satu dari sepuluh finalis. “Kegiatan ini diukuti oleh seluruh Universitas di Indonesia yang memiliki jurusan teknik mesin,” kata Ketua Panitia Dominggus Adoe, S. T., M. Eng yang didampingi Ketua Jurusan Teknik Mesin FST Undana Kupang, Dr. Jefri Bale, S. T., M. Eng di Gedung Prodi Teknik Mesin FST Undana Kupang, Jumat 28 September 2018.

Dikatakan, kegitan seminar tahunan teknik mesin tersebut kali ini yang digelar oleh Prodi Teknik Mesin FST Undana tersbut memiliki lima  tema, yakni Perancangan Dan Mekanikal Terapan, Proses Manufatur, Konversi Energi, Rekayasa Material dan Pendidikan Teknilk Mesin.

Menurutnya, tema yang di ambil oleh Prodi Teknik Mesin FST Undana Kupang dalam kegiatan tersebut melihat wilayah Nusa Tengga Timur (NTT) yang terdiri dari wilayah kepulauan yang dikelilingi oleh lautan. “ kita buat lomba desain rancang bangun teknologi tepat guna yang ada kaitan sama alat bantu perikanan,” jelas Adoe.

Selain itu, lanjut Adoe kegiatan tersebut juga hadirkan lima  pembicara handal, yakni dua dari Jepang, satu dari Prncis dan dua dari Indonesia. “Pembicara dari Jepang itu ada Associate Prof., Dr. Eng. Nobumasa Noel Sekishita dan Prof. Yoshihiro Narita. Dari Prancis, Prof. Olivier Polit sedangkan dua dari Indonesia adalah Prof. Dr. Ir. Tresna P. Soemardi, SE., MS., IPM dan Refi Kunaefi, MSc. Sehingga kegiatan seminar ini adalah seminar Nasional dengan cita rasa Internasional, ” ujarnya.

Sementara itu Ketua Jurusan Teknik Mesin FST Undana Kupang, Dr. Jefri Bale, S. T., M. Eng  menambahkan, kegiatan SNTTM XVII adalah wadah bagi para peneliti industri profesional, dan mahasiswa dari disiplin ilmu teknik mesin untuk membahas dan mengaitkan hasil – hasil penelitian terbaru yang berkaitan dengan “Peran Ilmu Teknik Mesin yang berorientasi global Dalam Identitas Pembagunan Nasional  Berkelanjutan”. Menurutnya, pada tahun 2018, SNTTM XNII diselenggarakan oleh program Studi Teknik  Mesin pada tanggal 2 – 5 Oktober 2018 nanti di Kupang NTT. “Seminar atas nama penyelenggara kami  dengan senang hati mengundang para peneliti  dan ahli terkait lainnya, untuk memberikan dan membantu dalam SNTTM XVII,” katanya. (*hayer)