foto : STIKUM Prof. Dr. Yohanes Usfunan

STIKUM Prof. Dr. Yohanes Usfunan Dirancang Khusus Lulusan Sarjana Hukum Siap Pakai

foto : STIKUM Prof. Dr. Yohanes Usfunan

foto : STIKUM Prof. Dr. Yohanes Usfunan

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Lembaga Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum ( STIKUM),Prof.Dr.YOHANES USFUNAN, SH.MH, yang berlokasi tepatnya di Jalan Pendidikan No.6 Nasipanaf, Penfui, Kupang, Provinsi NTT, STIKUM dirancang sebagai lembaga pendidikan khusus dalam mengembangkan program Studi ilmu hukum. Visi pendidikan hukum STIKUM ini adalah, menghasilkan sarjana hukum dengan kualitas setara lulusan perguruan tinggi negeri.

Demikian yang disampaikan Pendiri Sekolah Tinggi Ilmu Hukum ( STIKUM) Prof.Dr.YOHANES USFUNAN, SH.MH, Prof.Dr.Yohanes Usfunan,Drs.SH.MH, kepada zonaline news, Selasa 28 Agustus 2018, pukul 10.30 wita, ketika ditemui di Kampus STIKUM.” Biaya pendidikan boleh sama dengan PTS lain, tapi soal kualitas kotong tampil beda dan itulah motto STIKUM”, ujar Usfunan

Visi kami, lanjutnya, menghasilkan lulusan sarjana hukum ( SH) siap pakai ” ready for use” sebagai kader pemimpin daerah dan nasional yang provesional, unggul,mandiri,berjiwa pancasila, memiliki rasa persatuan dan spirit nasionalisme yang tinggi.

Menurutnya, Dosen luar biasa berkualitas Doktor dan Guru Besar Ilmu Hukum dari Universitas Nusa Cendana NTT, Universitas Udayana Denpasar Bali akan mendampingi Dosen tetap STIKUM  yang berkualitas Doktor Ilmu Hukum dan Magister Hukum.” Dosen tamu dari universitas terkemuka dan dari institusi pemerintahan maupun swasta dan penegak hukum berkualitas akan bergabung untuk memperkuat pengembangan Tri Darma Perguruan Tinggi STIKUM Prof.Dr.YOHANES USFUNAN, SH.MH”, jelasnya.

Dikatakan, mengingat keterbatasan daya tampung Universitas Nusa Cendana, maka sekitar ribuan lulusan SMA dari seluruh wilayah NTT, setiap tahun keluar daerah untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi berkualitas dan jumlah tersebut diantaranya 300 hingga 500 calon mahasiswa memilih jurusan hukum. Konsekuensinya, ratusan hingga milyaran rupiah setiap tahunnya mengalir dari NTT mengalir ke daerah lain untuk sektor pendidikan.

Ia mengatakan, Kehadiran STIKUM Prof.Dr.YOHANES USFUNAN ,SH.MH,untuk menampung calon mahasiswa yang berpotensi akademik dan beridealisme tinggi mencari perguruan tinggi berkualitas. Para calon mahasiswa STIKUM dari provinsi ” Cendana” ini diproyeksi berasal dari daratan Timur diantaranya Kota Kupang, Kabupaten Kupang,TTS,TTU, Belu, Malaka, Alor,Rote,Sabu  dan kabupaten lain di pulau Flores, Sumba dan provinsi lainnya di Indonesia Timur.

Selain itu juga, tambahnya, STIKUM yang terletak di selatan Bandara Eltari Penfui Kupang,juga akan memudahkan calon mahasiswa dari wilayah perbatasan negara tetangga Republik Democratic Timor Leste khususnya dari district Oecusse, Maliana, Suai dan district lainnya.” Kami siap, menjamin sistem pengendalian mutu dan metode pendidikan hukum yang komprensif guna menjamin kualitas pendidikan yang terukur”, terang Yohanes.

Dengan begitu, katanya, dapat memenuhi tujuan menghasilkan sarjana hukum yang unggul, mandiri dan profesional.

Kami, optimis lulusan STIKUM akan memiliki kapasitas akademik yang memadai dalam mengidentifikasi, merumuskan dan memecahkan masalah – masalah pembangunan daerah dan pembangunan nasional dari perspektif hukum. ” Ayo mari bergabung mau tunggu apa lagi”,tandasnya. (*Agust Kefi)