foto : anakan kelor siap tanam

Dinas Pertanian Provinsi NTT Target 100 Ribu Anakan Kelor Siap Tanam

foto : anakan kelor siap tanam

foto : anakan kelor siap tanam

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Dalam rangka mensukseskan program kerja Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), “revolusi hijau menanam kelor”, Dinas Pertanian Provinsi Nusa Tenggara Timur menargetkan 100 ribu anakan pohon kelor atau marungga siap edar dan siap tanam. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pertanian Provinsi NTT, Yohanes Tay yang ditemui zonalinenews.com diruang kerjanaya, Senin 29 Oktober 2018, pukul 10.30 wita.

Menurutnya, persiapan pembibitan anakan pohon kelor sudah dilakukan jauh hari sebelumnya oleh Distan Provinsi dari bulan agustus lalu, bertempat di halaman belakang dan samping kantor Distan Provinsi NTT. “Dalam dua bulan terakhir saja hasilnya cukup bagus sebanyak 60 ribu anakan kelor dari jumlah yang ditargetkan 100 ribu anakan kelor dan kedepannya saya akan dorong terus lakukan pembibitan”, ujarnya.

Dia mengatakan, Saat musim hujan turun nanti 60 ribu anakan pohon kelor  akan dipindahkan dan siap tanam pada lahan yang telah disiapkan di Kabupaten Kupang seluas 8 hektar di Desa Oefafi, Pitai dan Desa Oeteta. “Delapan hektar lahan untuk  anakan pohon kelor di kabupaten Kupang ini adalah sebagai project pilot pertama dan wilayah – wilayah potensial yang sudah dipetakan akan di distribusikan sebagai langkah pengembangan kelor mendukung program kerja Bapak Gubernur NTT Viktor B. Laiskodat,” ungkap Yohanes.

Dia juga menambahkan, dalam penanaman anakan kelor ini akan menggunakan sistem tanam lorong atau alegroping pada pematang – pematang atau lahan teras.” Pada lahan yang di siapkan kita akan tanam anakan pohon kelor dalam sistem lorong atau alegroping sebagai penguat teras lahan”, jelasnya. (*agus)