Imunisasi Campak Rubella Di Kota Kupang Belum Memenuhi Target


foto ciri - ciri penyakit campak Rubella

foto ciri – ciri penyakit campak Rubella

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Imunisasi Campak Rubella di Kota Kupang belum memenuhi target. Sebab, ribuan anak di Kota Kupang belum mendapat Campak Rubela. “Sebanyak delapan ribu lebih anak yang belum mendapatkan Imunisasi Measless Rubella atau imunisasi campak gratis akibat adanya penolakan akibat dari kepercayaan, “kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadis) Kota Kupang, Dokter Ary Wijana kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa 16 Oktober 2018.

Menurut Ary Wijana, total anak  yang seharusnya mendapat imunisasi campak rubela di Kota Kupang sebanyak 104.790 (seratus empar ribu tujuh ratus sembilan puluh)  satu orang. Namun, anak
yang baru mengikuti imunisasi berjumlah 92 ribu lebih atau mencapai 90 persen. “Wilayah tertinggi yang menolak imunisasi campak gratis terdapat  di Kelurahan Oesapa, Kelurahan Air Mata, dengan beberapa sekolah muslim di Kota Kupang,” ungkapnya.

Penolakan dari Masyarakat terhadap Imunisasi Campak Rubela tersebut, lanjut Ary Dinas Kesehatan telah melakukan koordinasi dengan pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nusa Tenggara Timur (NTT). “Dari hasil koordinasi itu MUI mengeluarkan himbauan bagi umat muslim untuk boleh mengikuti atau tidak mengikuti imunisasi campak rubela dengan istilah Mubah. Namun, pihak MUI tidak memberikan label halal bagi Serum Campak Rubella,” jelasnya. (*hayer)