foto ; warga pesisir Sumba Timur mengungsi

Takut Ada Tsunami Ribuan Warga Sumba Timur Mengungsi Ke Dataran Yang Tinggi

foto ; warga pesisir Sumba Timur mengungsi

foto ; warga pesisir Sumba Timur mengungsi

ZONALINENEWS.COM – WAINGAPU, Diduga takut ada Tsunami yang disebabkan oleh gempa susulan, ribuan warga pesisir pantai di Kabupaten Sumba Timur Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak gempa pertama, Selasa 2 September 2018, sekitar pukul 07.10 wita memilih untuk mengungsi ke dataran yang lebih tinggi sepeti lokasi Monumen Patung Kuda dan beberapa tempat lainnya.

Salah satu warga Sumba Timur Frans Leba mengungkapkan, kepanikan warga untuk mengungsi ke dataran yang lebih tinggi disebabkan isu akan ada Tsunami pada gempa susulan di Pulua Sumbah terutama di daerah pesisir pantai Kabupaten Sumba. “Kita takut ada Tsunami, karena melihat beberapa kejadian yang sama di daerah Lombok dan Palu baberapa waktu lalu. Sehingga seluruh warga memilih untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi dan aman,” kata Frans kepada wartawan di Waingapu, Selasa 2 Oktober 2018.

Sementara itu Kasi Data Dan Informasi BMKG Kupang, Sholakhudin Noor Fatah mengungkapkan gempa yang terjadi di Kabupaten Sumba Timur tidak berpotensi Tsunami. “Kita himbau kepada seluruh masyaraat Sumba Timur terutama bagi masayarakat pesisir pantai agar tetap tenang, tidak panik dan jagan percaya dengan isu – isu hoaks,” jelasnya. (*hayer)