foto : acara Dirjen Perhubungan Darat gelar Groundbreaking pembangunan Terminal Tipe A Bimoku dan ATCS di Bimoku Kota Kupang

Dirjen Perhubungan Darat Gelar Groundbreaking Pembangunan Terminal Tipe A Di Kupang

foto : acara Dirjen Perhubungan Darat gelar Groundbreaking pembangunan Terminal Tipe A Bimoku dan ATCS di Bimoku Kota Kupang

foto : acara Dirjen Perhubungan Darat gelar Groundbreaking pembangunan Terminal Tipe A Bimoku dan ATCS di Kota Kupang

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Direktorat jenderal (Dirjen Perhubungan Darat Balai pengelola Transportasi Darat wilayah XIII Provinsi NTT)  menggelar acara groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan Terminal Tipe A Bimoku dan Area Traffick Control System (ATCS) Kota Kupang, di Bimoku Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang pada, Selasa 6 November 2018, sekira pukul 09.00 wita.

Hadir pada Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Komisi V DPR RI, Farry Francis, Direktur Jenderal  Perhubungan Darat, Cucu Mulyana,  Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat wilayah 13 Provinsi NTT, Syaiful/, Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, Ketua DPRD Kota Kupang, Yeskiel Loudoe, Ketua Komisi III DPRD Kota Kupang, Merry Salouw, dan seluruh pimpina OPD Lingkup pemerintah Kota Kupang.

Dirjen Perhubungan Darat, Cucu Mulyana dalam sambutannya mengungkapkan, Pembangunan Terminal Tipe A Bimoku ini diperuntukan sebagai terminal angkutan penumpang antar lintas batas negara dengan tujuan Indonesia ke Timor Leste atau sebaliknya. Menurutnya, Terminal ini dibangun diatas tanah hibah dari Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang kepada Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Darat dengan lahan seluas 2 koma 3 hektar. “ Alokasi anggaran pembangunan terminal tipe A sampai operasional dan anggaran perencanaan, sebesar Rp. 20 milyar, enam ratus juta rupiah yang bersumber dari APBN Kementerian Peruhubungan,” ungkap Mulyadna.

Dikatakan, semua program ini didukung oleh Komisi lima DPR RI. “Pembangunan sarana prasarana jalan, angkutan jalan, dan lainnya. ATCS dan terminal tipe A ini merupakan suatu kegiatan startegis dari Dirjen Perhubungan Darat Darat,  karena dengan dibangunnya terminal tipe A ini maka seluruh bus antar kota, antar provinsi harus keluar masuk dan antar jemput di terminal ini. Semua bus ini harus dilakuan pemeriksaan sehingga lalu lintasnya bisa berjalan baik,” kata Mulyana.

Dengan adanya ATCS ini, lanjutnya melalui control, bisa mengawasi bagaimana situasi arus lalu lintas yang dipantau. “Di tahun 2018 ini Kota Kupang terdapat  7 simpang yang akan dipasang ATCS, dan dua akan dipasang di tahun 2019 mendatang,” papar Mulyana.

Pada kesempatan tersebut itu juga Ketua Komisi V DPR RI Farry Francis, mengatakan, terminal tipe A ini sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu, tapi belum terlaksana atau terkendala dengan status kepemilikan lahan. Namun, masalah tersebut sudah terselesaikan bankan lahan yang mau dibangun terminal sudah dihibahkan ke Kememterian perhubungan dan pembangunan bisa terealisasi. (*hayer)