foto : logo zonalinenews.com

Jemput Bola, Dispendukcapil Kota Kupang Terbitkan Akte Kelahiran Di Sekolah

 

foto : logo zonalinenews.com

foto : logo zonalinenews.com

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Anak usia Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menegah Pertama (SMP) di Kota Kupang yang belum memiliki Akta Kelahiran akan dimudahkan untuk memperoleh akta kelahiran, karena saat ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kupang tengah mendata dan siap menerbitkan akta kelahiran di setiap SD dan SMP di Kota Kupang. “Cakupan kepemilikan Akta Kelahiran Anak di Kota Kupang yang tercatat di Dispendukcapil Kota Kupang terus ditingkatkan karenanya Dipendukcapil Kota Kupang melakukan aksi jemput bola dengan menggelar kegiatan percepatan peningkatan cakupan kepemilikan Akta Kelahiran anak Usia 0 – 18 bulan pada semua SD dan SMP di seluruh Kota Kupang,” kata Kabid Pelayanan Dispendukcapil Kota Kupang Hijayas Mode yamg ditemui zonalinenews.com di ruangkerjanya, Kamis 1 November 2018.

Menurut Hijayas, kegiatan itu dilaksanakan melibatkan kerjasama dengan pihak sekolah yang membantu dengan mendata anak di setiap SD dan SMP di Kota Kupang yang belum memiliki akta kelahiran untuk diberikan akta kelahiran. “Dari pantauan kami, orangtua baru sibuk mengurus akta kelahiran saat anak ada di SMP karenanya kami melakukan jemput bola ke tiap sekolah,” ungkapnya.

Dikatakan, kegiatan yang yang dilakukan oleh Dispendukcapil selama beberapa hari ini mendapat respon baik dari pihak orangtua murid dengan memberikan data diri anak yang benar, agar tidak terjadi kesalahan perekaman data diri anak.

“Kami sudah jalankan kegiatan ini sejak tahun 2017 lalu. dan untuk tahun ini kami mendistribusikan juga menjemput kembali form permohonan akta kelahiran anak di semua SD dan SMP pada setiap kecamatan. Nanti data-data yang dihimpun akan segera direalisasi dengan penerbitan akta kelahiran untuk mereka yang sudah terdata,”jelas Hijayas. (*ten)