Selfina Etidena Surat keterangan dan. Jonsa Manulang

Kata Puket I STTI Galilea Selfina Etidena Adalah Benar Mahasiswi


Selfina Etidena Surat keterangan dan. Jonsa Manulang

Selfina Etidena Surat keterangan dan. Jonsa Manulang

Zonalinenews-Kupang,- Pembantu Ketua (Puket) I, bidang Akademik, Sekolah Tinggi Teologia Indonesia (STTI) Galilea, Yogyakarta, Ev. Dr. Jonsa Manulang M. Th. M. Pd.K  via telpon ketika di hubungi Jumat 11 Januari 2019 malam menegaskan bahwa Selfina Mersia Etidena adalah benar Mahasiswi  STTI Galilea.

Menurut Jonsa dirinya dan pihak kampus  menyangka bahwa persoalan yang dihadapi  Selfin dengan pihak Satgas Traficking bandara El Tari Kupang telah   selesai karena ketika kami  (Jonsa dan pihak Kampus) bertanya pada suadara Selfin yang berada disini (Yogya)  menyatakan bahwa tiketnya akan dibeli sehingga kami berpikir persoalan  Selfina telah selesai.

“Kami tidak menyangka masalah ini sempai begini padahal kami sampaikan bahwa  selfin itu mahasiswi kami,’ ujarnya.

Untuk  itu Dr Jonsa meminta agar bisa berkomunikasi dengan satgas yang menahan Selfina agar dapat menyelesaikan masalah tersebut. Bahkan dirinya  telah berkomunikasi dengan pihak Nakertrans Propinsi NTT, pak Thomas.

Lanjut Jonsa dirinya juga telah mengirim soft copy surat keterangan aktif kuliah dan surat permohonan PKL atas nama Selfina Marsia Etidena ke Nakertrans

Sebelumnya diberitakan  Kepala bidang (Kabid) Pembinaan Hubungan Industrial dan pengawasan ketenagakerjaan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Provinsi NTT, Thomas Suban Hoda, ST. kepada zonalinenews  di ruang kerja Jumat 11 Januari 2019  pukul 09.00 wita menjelaskan terkait persoalan Selfina Etidena yang tidak  jadi  berangkat ke Yogkakarta dengan pesawat Lion Air , hal itu oleh petugas Satgas sesuai prosedur.

Menurutnya, beberapa alasan mendasar penahanan selfin ketika yang bersangkutan (selfin) ditanya apakah  dia seorang Mahasiswa kata selfin menjawab bahwa dia seorang mahasiswa UGM bahkan , ketika ditanya lagi  yang bersangkutan  mengaku sebagai seorang mahsiswa UKDW.

Lanjut Thomas  ketika ditanya lagi apakah yang bersangkutan tahu Universitas  UKDW,  yang bersangkutan tidak bisa menjawab sehingga petugas semakin curiga   dan meminta  selfin  untuk menunjukan Kartu Mahasiswa namun yang bersangkutan tidak bisa menunjukan kartu Mahasiswa .

“ Saat itu petugas Satgas juga mengajak selfin untuk  menuju tas yang bersangkutan dan mengambil beberap dokumen   untuk ditunjukan kepada petugas oleh yang bersangkutan (selfin) keberatan. sehingga dasar ini  petugas melakukan penahanan.  Jelang beberapa waktu  terjadi komunikasi  via telpon dengan  seseorang yang mengaku sebagai Senat mahasiswa  STT Galelea Indonesia yang menyatakan bahwa Selfina adalah mahasiswa semester VII STT Galelea Indonesia Yogyakarta kemudian komunikasi tersebut terputus. Dengan  kejadian ini serta  pengakuan dan perkataan yang bersangkutan berbeda-beda. Pertama mengaku sebagai mahasiswa UGM , terus UKDW  terakhir mahasiswa STT Galelea Yogyakarta,” tegas Thomas.

Kecurigaan petugas Kata Thomas , semakin bertambah ketika Selfin tidak bisa menujukan dokumen yang menjelaskan bahwa  selfin melaksanakan PKL  di salah satu di sekolah di Kabupaten Alor.

“ Kaka tolong konfirmasi juga sekolah tempat  PKL  Selfin Etidena di Alor  apakah benar.. ? dan Juga Kebenaran yang bersangkutan Kuliah  di  STT Galelea Indonesia Yogyakarta,” pinta Thomas kepada Zonalinenews.(*Tim)