foto : Kadis Sosial Kota Kupang, Retnowati

Kadis Sosisal : PSK Penghuni KD Belum Dipulangkan Dikarenakan Masih Pembentukan LKS


foto : Kadis Sosial Kota Kupang, Retnowati

foto : Kadis Sosial Kota Kupang, Retnowati

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Terkait dengan permintaan dari pihak Kementerian Sosial (Kememsos) yang mana Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang agar segera membentuk Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) untuk 145 Pekerja s3x Komersial (PSK) penghuni tempat lokalisasi karang Dempel (KD) Tenau Kota Kupang diharapkan selesai secepatnya. “saat ini pihak kami sementara menyeleksi LKS yang dibiayai oleh Kemensos,” kata Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Dr. Retnowati kepada wartawan diruang kerjanya, Senin 12 Februari 2019.

Dikatakan, proses seleksi perlu dilakukan Karena dana dari Kementerian itu akan turun langsung ke LKS, sehingga butuh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang kredibel untuk menyalurkan dana bagi PSK, bahkan sekaligus mendampingi mereka sampai kedaerah asalnya. “Sebelum  pemulangan PSK akan dilakukan pertemuan dengan Kementerian bersama pemerintah daerah, selanjutnya baru PSK akan dipulangkan secara resmi dan akan ada penyerahan secara resmi kepada pemerintah daerah asal para PSK,” ungkap Retnowati.

Menurutnya, pemulangan belum bisa dilakukan dalam bulan Februari ini. Sebab,  masih menunggu beberapa tahapan lagi, sehingga dipastikan bulan Maret mendatang semua proses bisa berjalan dengan baik. “Kita sangat berharap semua proses ini bisa berjalan dengan baik, agar proses pemulangan para PSK ke daeral asal masing – masing bisa secepatnya,” jelas Retnowati. (*hayer)