foto Lokasi KD

Pemulangan PSK Penghuni Lokalisasi KD Ditunda

foto Lokasi KD

foto Lokasi KD

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Proses pemulangan Para Pekerja S3x Komersial (PSK)
di Lokalisasi Karang Dempel (KD) Kota Kupang belum bisa dilakukan pada Bulan Februari 2019 ini karena pihak Kementerian Sosial (Kemensos) minta Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang membentuk Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) yang berfungsi sebagai penyalur anggaran bagi PSK sekaligus mendampingi para PSK ketika dipulangkan ke Daerah asal masing – masing. Hal ini diungkapkan Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man kepada wartawan di Balai Kota Kupamg, Senin 11 Februari 2019.

Dia mengaku, sesuai keinginan Kemensos, Pemkot Kupang melalui Dinas Sosial Kota Kupang akan segera melakukan seleksi LKS yang merupakan LSM, yang ada di Kota Kupang, yang akan membantu tugas pemerintah dalam penyaluran anggaran jaminan kehidupan PSK selama tiga bulan dan juga pendampingan. Menurutnya, Jika LKS sudah dibentuk Kementerian akan mentransfer dana untuk biaya hidup sinilai Rp. 5,5 juta rupiah sekaligus dana pemulangan ke kampung halaman dari bandar udara. “Sedangkan untuk biaya tiket pesawat pemulangan ditanggung pemerintah Kota Kupang, masing-masing senilai Rp. 2,5 juta rupiah kepada 145 PSK ditambah dengan pendamping dari LKS,” ugkap Hermanus.

Dia menambahkan, jika LKS telah terbentuk dan anggaran Kemensos sudah ditranfer maka pemulangan para PSK Sudah bisa dilakukan dan pihak LKS yang akan mendistribusi anggaran sekaligus pendampingan pemulangan sampai ke daerah tujuan dari setiap PSK. (*hayer)