foto : Kegiatan Musrenbang Tingklat Kelurahan di Kantor Lurah Pasdir Panjang Yang Dipimpin Langsung Oleh Lurah Pasir Panjang Nan Masae, Kamis 14 Feb 2019

Untuk Meningkatkan SDM Dan SDE, Warga Pasir Panjang Minta Pemkot Kupang Gelar Pelatihan


foto : Kegiatan Musrenbang Tingklat Kelurahan di Kantor Lurah Pasdir Panjang Yang Dipimpin Langsung Oleh Lurah Pasir Panjang Nan Masae, Kamis 14 Feb 2019

foto : Kegiatan Musrenbang Tingklat Kelurahan di Kantor Lurah Pasdir Panjang Yang Dipimpin Langsung Oleh Lurah Pasir Panjang Nan Masae, Kamis 14 Feb 2019

ZONALINENEWS.COM – KUPANG, Warga Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang minta agar  Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang  bisa lakukan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan peningkatan Sumber Daya Ekonomi SDE bagi masyarakat Pasir Panjang. Sebab, saat ini masyarakat Pasir Panjang sangat butuh pelatihan – pelatihan untuk berbagai ketrampilan agar bisa meningkatkan SDM dan SDE masyarakat di Kelurahan Pasir Panjang. “Kita sangat butuh kegiatan pelatihan seperti pelatihan otomotif, kecantikan, Desainar dan menjahit sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat disini,” kata Ketua RT 13 Jhoni Tea saat kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tingkat Kelurahan di Aula Kantor Kelurahan Pasir Panjang, Kamis 14 Februari 2019.

Menurutnya, sebagian warga kelurahan Pasir Panjang mata pencaharian sehari – hari adalah nelayan sehingga untuk meningkatkan SDM masyarakat Kelurahan Pasir Panjang bisa dilakukan pelatihan cara pengelolaan hasil laut menjadi makanan khas Kota Kupang.

“Kita berharap usulan kita saat Musrembang Kelurahan ini bisa menjadi perhatian khusus bagi Pemkot Kupang,” ungkap Jhoni.

Selain itu juga, dia berharap usulan warga di tahun 2018 lalu terkait dengan perbaikan infrastruktur yang ada di kelurahan Pasir Panjang bisa direspon baik oleh pemerintah sehingga tahun ini bisa dilakukan pekerjaan perbaikan beberapa infrastruktur tersebut.

“Di Kelurahan Pasir Panjang ini masih sangat minim draenase sehingga musim hujan datang beberapa rumah warga digenangi air, tembok penahan, lampu jalan dan joging trayek di pesisir pantai pasir panjang,” pinta Jhon.

Sementara itu Lurah Pasir Panjang, Nan Masae mengungkapkan, kegiatan Musrenbang tingkat kelurahan tersebut ada usulan dari masyarakat yang harus didengar oleh Pemerintah dalam hal ini beberapa OPD atau Dinas yang menjadi eksekutor usulan – usulan warga tersebut. Namun, sangat disayangkan karena ketika kegiatan Musrembang dilakukan dari 10 OPD di Lingkup Pemkot Kupang hanya beberapa OPD yang hadir.

“OPD yang kita undang itu 10 yang datang hanya perwakilan dari Dinas Nakertrans, Dinas Kesehatan dan PPDKD. Sedangkan perwakilan dari Dinas PUPR, PDAM Kota Kupang, Dinas Pendidikan, Dinas Perikanan dan Dispendukcapil tidak ada yang hadir sehingga usulan – usulan untuk Dinas – Dinas tersebut tidak bisa disampaikan oleh warga.

“Saya berharap ketika Musrenbang ditingkat Kecamatan nanti perwakilan – perwakilan dari OPD ini bisa hadir agar usulan warga bisa didengar oleh mereka,” ungkapnya.

Dia berharap dengan usulan – usulan warga tersebut dalam Musrembang ini bisa terjawab. Sebab, sesuai dengan dengan visi dan misi dari Pemkot Kupang saat ini.

“Memang usulan yang diusulkan oleh masyarakat ini tidak keluar dari visi dan misi. Sehingga pegukuran target dari Pemkot Kuoang sendiri untuk lima tahun kedepan itu jelas bahwa ada peningkatan. Memang benar penguatan itu ada pada usulan masyarakat. Tapi pihak Dinas juga harus bisa mencoba melihat usulan dan selaraskan dengan keinginan dari Wali Kota apakah sesuai denga RPJM yang ada atau tidak. Jagan sampai keluar dari apa yang menjadi usulan kami ini,” pinta Nan. (*hayer)